Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Mar 18, 2021 | 0 comments

Manusia Ide

Manusia Ide adalah judul buku yang berisi perjalanan panjang seorang Mochtar Riady, Founder dari Lippo Grup yang menanungi lebih dari 50 perusahan dan memiliki kurang lebih 50.000 karyawan.

Seremonial yang mewah dan berkelas menandakan bahwa orang yang bukunya ditulis, bukanlah orang sembarangan. Buku pertama di berikan kepada Jokowi orang no 1 di Indonesia. Tokoh nasional dan para pebisnis top hadir dalam acara peluncuran buku manusia ide, selasa 26 januari 2016 di hotel Arya duta. buku ini dapat menjadi Motivator kepada orang lain untuk menjadi lebih sukses

Selain kemewahan acara peluncuran buku tersebut, saya menemukan minimal ada lima “kemewahan” yang sebetulnya membuat Mochtar Riady dapat mencapai hasil yang terbaik saat ini.

Lima kemewahan sikap sang Manusia ide :

  • Rendah Hati. filosofi bisnis Lie Yi Lian DjeLie berarti ramah, Yi memiliki karakter yang baik, Lian adalah kejujuran, sedangkan Dje adalah memiliki rasa malu adalah cerminan bahwa  rendah hati telah mengakar dalam hidup beliau
  •  Mau Belajar.  Saat baru pindah dari Malang ke Jakarta untuk mencari relasi, Mochtar Riady bekerja di sebuah CV di jalan hayam wuruk selama enam bulan, kemudian ia bekerja pada seorang importer, di waktu bersamaan ia pun bekerjasama dengan temannya untuk berbisnis kapal kecil. Sampai saat itu, Mochtar Riady masih sangat ingin menjadi seorang bankir, di setiap kali bertemu relasinya, ia selalu mengutarakan keinginannya itu. Suatu saat temannya mengabari dia jika ada sebuah bank yang lagi terkena masalah dan menawarinya untuk memperbaikinya, Mochtar Riady tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut walau saat itu dia tidak punya pengalaman sekalipun. Mochtar Riady berhasil meyakinkan Andi Gappa, pemilik Bank Kemakmuran yang bermasalah tersebut sehingga ia pun ditunjuk menjadi direktur di bank tersebut. Di hari pertama sebagai direktur, Mochtar Riady sangat pusing melihat ”balance sheet”, dia tidak membaca dan memahaminya, namun Mochtar Riady pura-pura mengerti di depan pegawai akunting. Sepanjang malam dia mencoba belajar dan memahami balance sheet tersebut, namun sia-sia, lalu dia meminta tolong temannya yang bekerja di Standard Chartered Bank untuk mengajarinya, tetapi masih saja tidak mengerti. Akhirnya, dia berterus terang terhadap para pegawainya dan Pak Andi Gappa, tentu saja mereka cukup terkejut mendengarnya. Permintaan Mochtar Riady pun untuk mulai bekerja dari awal disetujuinya, mulai dari bagian kliringcash, dan checking account. Selama sebulan penuh, Mochtar Riady belajar dan akhirnya ia pun mengerti tentang proses pembukuan, dan setelah membayar seorang guru privat, ia akhirnya mengerti apakah itu akuntansi. Maka mulailah dia menjual kepercayaan, hanya dalam setahun Bank Kemakmuran mengalami banyak perbaikan dan tumbuh pesat.
  • Visi Jangka Panjang. Bankir Baik dan Bankir sukses. Mochtar Riady membagi bankir kedalam dua kategori. Bankir Sukses : adalah bankir yang dapat meningkatkan jumlah orang yang memijam uang di Bank nya. sementar bankir yang baik adalah orang yang selain memberikan pinjaman, dia juga memastikan bahwa orang tersebut mampu membayar pokok dan bunga, memberikan masukan untuk pengembangan usahanya sehingga karyawan bertambah, lapangan kerja juga terbuka dan pembayaran pajak meningkat.

Belajar dari yang terbaik akan membawa kita kepada hasil yang terbaik juga.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

hubungi Mareti – 08124950909

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x