Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Apr 17, 2021 | 0 comments

3 Jenis Seminar yang harus kamu ketahui

Motivator | Training Motivasi Moyaritas dari kita pastilah pernah mengikuti seminar. Beberapa karena di wajibkan oleh perusahan dan beberapa karena kesadaran sendiri dan tentunya dengan biaya sendiri pula. Akan tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa tidak semua seminar cocok untuk karekter dan kebutuhan anda . Contohnya : seminar hardskill lebih bersifat teknis dan agak “membosankan” karena akan memeras energy anda untuk berpikir.

Seminar saya ketegori dalam tiga jenis :

  1. Motivational seminar

Pembicara akan memberikan materi seminar berupa dorongan, motivasi atau bahkan provokasi kepada audiens untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan topic seminar.

Contoh : Seminar – Cara Gila Menjadi Pengusaha. Peserta akan di dorong untuk segera bertindak untuk menjadi pengusaha.

  1. Inspirational seminar

Pembicara akan memberikan inspirasi kepada audiens melalui kisah hidupnya atau kisah hidup orang lain sehingga audiens dapat mengambil sebuah pelajaran dari hal tersebut. Contohnya : seminar Life without limit dari Nick Vujicic.

  1. Educational seminar

Seminar educational dibagi atas dua bagian :

  1. Hard skill

Definisi umum di katakan hard skill : keterampilan teknis yang melekat atau dibutuhkan untuk profesi tertentu. Contoh: insinyur mekanik membutuhkan keterampilan bekerja dg permesinan, programmer harus menguasai teknik pemrograman dg bahasa tertentu.

Seminar education dengan kategori hard skill lebih “serius” dibandingkan dengan seminar educational yang bersifta soft skill. Contoh seminar hard skill: seminar mengenai pajak.

  1. Soft skill

Definisi umum softskill merupakan pengembangan dari kecerdasan EQ yang dimiliki oleh tiap manusia dan juga perlu ditumbuhkan dalam diri kita masing-masing agar kita dapat memotivasi diri dan orang lain, bertanggung jawab, membangun relasi, berlomunikasi, negosiasi, beradaptasi dengan lingkungan, berekreasi, berinovasi dan berwirausaha, memimpin, membangun kerjasama, mengelola sumber daya

Walaupun seminar motivasi dan inspirasi bisa juga dikategorikan soft skill akan tetapi seminar soft skill di sini memiliki muatan edukasi yang lebih banyak jadi tidak hanya memberikan why dan what akan tetapi how to juga dibahas

Contoh seminar softskill : Public Speaking, communication mastery, sales mastery.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x