Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Sep 16, 2021 | 0 comments

Tahukan anda cara membuat persiapan dalam presentasi ?

“Presentasi yang sempurna adalah presentasi yang disiapkan dengan sempurna” Ongky Hojanto

Motivator | Setiap orang yang memberikan presentasi tentunya mengharapkan presentasi yang ia lakukan akan berjalan dengan baik sehingga pesan yang ia sampaikan akan mudah di cerna oleh audiensnya.

Untuk melakukannya anda tentunya harus memiliki cara untuk menyiapkan diri sebelum memberikan presentasi. Ada 3 hal penting yang harus anda lakukan sebelum melakukan presentasi :

  1. Tambahlah “bumbun” dengan cerita

Berikan beberapa cerita yang akan melibatkan emosi audiens anda. cerita dari pengalaman anda atau pengalaman orang lain, akan menjadi “penyedap” dalam presentasi yang anda sajikan

  1. Kuasailah materi presentasi anda

Latihlah apa yang akan anda bicarakan. Ulang –ulangi apa yang akan anda sampaikan karena dengan begitu anda akan lebih lancar dalam menyampaikannya. Tidak perlu menghafal isi presentasi anda, akan jauh lebih baik jika anda menguasai konsep presentasi anda.

Buatlah singkatan sebagai jembatan keledai untuk memudahkan anda mengingat isi presentasi anda, seperti jika anda menghafal warna pelangi.

  1. Periksalah kembali peralatan yang akan anda gunakan

Pastikalah anda membawa peralatan yang akan anda butuhkan, seperti : kabel laptop, laser pointer, flash disk, batteri cadangan untuk laser pointer. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mastikan bahwa peralatan yang anda bawa dalam kondisi yang siap untuk digunakan.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Training Sales | Training Motivasi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x