Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Agu 6, 2020 | 0 comments

Cara Memantaskan diri Menjadi Motivator

Public Speaking | Motivator | Ada dua ketakutan terbesar orang untuk memulai membuat training pertaman adalah rasa takut dalam public speaking dan kedua adalah rasa layak atau pantas untuk mengajar. Kepantasan diri adalah salah satu hambatan terbesar orang untuk segera bertindak dan memulai memberikan seminar atau pelatihan.

Untuk golongan “nekat” mudah untuk mengatakan “just do it” tapi untuk golongan perfectionist ada rasa yang selalu kurang pas jika klik nya belum ketemu. Nah, menemukan klik ini tidaklah mudah karena ini bicara rasa yang ukurannya juga berupa takaran perasaan.

Ada satu cara yang ampuh untuk membuat takaran yang dapat anda gunakan untuk mempaskan diri atau melayakan diri anda saat akan membuat seminar, yakni dengan mengibaratkan anda seorang guru, maka dimana selayaknya kelas anda mengajar ?

“Apakah siswa yang datang ke kelas anda adalah siswa dengan level pengetahuan Sekolah Dasar, SMP, SMA, Sarjana atau level yang lebih tinggi ?”

Dengan mengetahui level anda, maka akan lebih mudah bagi anda untuk melangkah. Tidak perlu kuatir jika audiens anda akan lebih paham materi dari anda atau audiens anda merasa kurang mendapatkan manfaat karena materi seminar yang anda sajikan “dangkal.”

Jika hal ini terjadi maka sebetulnya bukanlah kesalahan anda, akan tetapi kesalahan audiens anda yang salah masuk kelas. Mintalah mereka untuk menjadi guru yang lain atau masuk ke kelas yang lebih tinggi levelnya.

Rekomendasikanlah guru-guru lain dengan level pengetahuan dan pengalaman yang lebih dari anda atau anda dapat membantu menjualkan seminar mereka. Sambil anda terus berusaha untuk menaikan level kelas yang anda ajar atau level murid yang datang belajar kepada anda.

 

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x