Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Agu 11, 2020 | 0 comments

Simplifikasi Dalam Presentasi

Motivator | Public Speaking  | Jam menunjukan pukul 19:00, bergegas saya berjalan terburu-buru kearah food court untuk bertemu salah seorang sahabat lama yang telah menunggu 10 menit disana. Hari itu beliau tidak datang sendirian, ada beberapa orang teman yang ia ajak untuk mendisukisan dua hal. Pertama adalah seminar saham dan kedua mengenai asuransi.

Walaupun secara pribadi saya memiliki beberapa polis asuransi dan telah sadar berasuransi sejak usia 23 tahun, mendengarkan orang memberikan presentasi adalah hal mengasikan bagi saya. Setelah meminta izin untuk share mengenai sistim asuransi yang beliau jalani, ia menjelaskan secara tuntas keuntungan dari bisnis asuransinya yang konon ini pertama di asia.

Ada tiga  hal yang membuat saya takjub akan presentasi yang ia lakukan, pertama waktunya hanya sekitar 20 menit, kedua simple dengan satu lembar kertas dan hingga saat ini saya masih ingat detail apa yang ia jelaskan dan ketiga bahasa yang di gunakan sederhana dengan bahasa umum yang dapat di mengerti oleh orang lain.

Belajar dari tiga poin di atas, bagi anda yang sering memberikan presentasi one on one ada tiga tips bagi anda :

  1. Waktu

Perhatikan waktu anda berbicara dengan kawan bicara anda saat presentasi. pastikan waktunya tidaklah lebih dari 20 menit hal ini penting untuk menghindari kebosanan orang dalam mendengarkan presentasi anda

  1. Simple

Buatlah presentasi anda semenarik mungkin dan sesederhana mungkin, sehingga semua orang dapat dengan mudah mengerti apa yang anda sampaikan. cara membuat simple : Perhatikan penggunaan bahasa, media presentasi yang anda gunakan, contoh-contoh yang anda berikan, kesemua hal

  1. Jangan berdebat

Hindari perdebatan dengan kawan bicara anda. Ingatlah tujuan utama anda adalah memenangkan hati kawan bicara anda dan bukan memenangkan lomba debat. Setujuilah beberapa poin yang menurut anda benar dan penting, akomodir beberapa pendapat dia sehingga dia nyaman dengan anda. Berikanlah beberapa pujian untuk poin-poin yang menarik dari kawan bicara anda.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Mareti 08113440909 / 08113490909

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x