Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Agu 24, 2020 | 0 comments

Public Speaking Sotoy ala Jeng Ana

Motivator | Saat masih siaran di Jak TV Jakarta, saya beberapa kali berpas-pasan dengan Jeng Ana, wanita yang saat ini videonya menjadi viral akibat presentasi sok tahunya saat menjelaskan hasil MRI seorang pasien tumor otak

Ada dua hal yang saya kagumi dari wanita ini, pertama adalah perjuangan hidupnya terlepas dari apa yang ia kerjakan, ia seorang wanita tangguh “saat memulai talkshow beberapa tahun lalu datang ke stasiun Televisi tersebut dengan sepeda motor saat ini mengendarai mobil alphard ” tutur saya satu kru Televisi, kepada saya saat itu.

Hal kedua adalah kepercayaan diri tinggi yang ia tunjukan saat melakukan diagnosa penyakit pasien yang secara medis dia tidak mengerti akan hal tersebut. Setidaknya ada tiga pelajaran penting yang dapat kita pelajari dari Jeng Ana dan sikap sok tahunya :

  1. Percaya diri

Terlepas dari kesalahan konyol yang ia lakukan, rasa percaya dirinya begitu tinggi saat membawakan dan mengulas materi presentasi walaupun ia sendiri tidak 100% memahami betul, sikap percaya diri ini membuat sebagian besar masyarakat umum yang tidak mengerti akan istilah media cendrung akan percaya dengan hasil diagnosa yang ia lakukan.

Langkah awal untuk memulai sebuah presentasi yang sukses adalah awalilah dengan keyakinan diri bahwa anda bisa dan dapat membawakan presentasi tersebut.

  1. Menguasai materi

Kepercayaan diri yang tinggi tidak akan berguna, jika anda tidak menguasai materi yang anda bahas. Penguasaan materi presentasilah yang akan membuat anda menjadi pembicara yang mendapatkan respek.

Pelajarilah materi presentasi anda dengan detail dan pastikan anda hanya membawakan materi presentasi yang sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman anda, ingatlah bahwa anda tidak dapat “menipu” semua orang

  1. Sumber materi

Pastikan anda memiliki data yang akurat mengenai sumber materi yang anda bawakan sehingga akan meningkatkan bobot presentasi anda dan menaikan kredibilitas anda dimata audiens anda.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x