Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Apr 16, 2021 | 0 comments

Sakit Ala Setya Novanto

Motivator | Motivator Indonesia | Saya kira bukan hanya Setya Novanto yang “mendadak” sakit saat akan berurusan dengan hukum. Beberapa orang yang terbelit masalah hukum juga “mendadak” sakit. “Mendadak” sakit dapat dilihat sebagai upaya menghindari panggilan pihak berwajiib atau memang yang bersangkutan sendiri mendadak sakit.

Jika kita menggunakan asumsi yang kedua, bahwa Setya Novanto memang benar-benar sakit, pertanyaannya mengapa hal  ini terjadi begitu mendadak ? Psikosomatis adalah jawabannya. Sakit karena stress dan beban mental yang berlebihan atau rasa cemas yang berlebihan.

Tubuh dan pikiran adalah satu kata ilmu NLP, mengubah salah satunya akan mengubah kedua-duannya. Pikiran stress dapat mengakibatkan tubuh menjadi sakit atau sakit yang ada semakin diperparah. Lalu, bagaimana mengendalikan stress sehingga tubuh dapat menjadi sehat ?

Ada tiga langkah mudah yang dapat kita lakukan :

1. Temukan sumber stress

Banyak orang yang tidak pernah mengetahui atau mengakui bahwa ia memiliki stress yang menggangu dirinya. Langkah pertama adalah temukan sumber kecemasan atau stress anda. Caritahu secara detail apa sebetulnya yang membuat anda stess atau apa yang anda cemaskan.

2. Perkecil kecemasan anda

Perkecil rasa cemas tersebut dengan cara membangun keyakinan diri bahwa anda dapat mengatasinya. Ingatlah situasi dimana anda pernah menghadapi masalah yang kurang lebih sama dan akhirnya anda dapat mengatasinya. Bangunlah sikap mental positif bahwa jika anda dulunya pernah berhasil mengatasi masalah, maka masalah saat ini juga akan dapat anda atasi.

3. Bahasa Tubuh

Rubahlah bahasa tubuh anda sehingga sehingga fokus pikiran anda berubah. Misalnya dengan olah raga, nonton film atau lakukan kegiatan yang anda senangi.

Dan setelah pikiran anda “segar” pikirkanlah jalan keluar yang harus diambil untuk mengatasi masalah yang anda hadapi.

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x