Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 11, 2018 in Articles | 0 comments

3 Syarat Trainer Profesional & Handal

3 Syarat Trainer Profesional & Handal

Motivator Indonesia| Menjadi sebagai trainer atau pembicara publik memang asik, sekaligus juga menantang. Gimana gak menyenangkan? Tugasnya adalah memperbaiki orang lain melalui materi atau kata – kata yang disampaikan. Ini adalah pekerjaan mulia, yang  akan selalu bermanfaat ilmunya sekalipun sudah tiada. Begitu pula dengan kompensasi materi yang didapatkan. Tapi tentu untuk menjadi seorang trainer profesional dan handal membutuhkan proses yang panjang juga.

Pertanyaannya sederhana, “bagaimana sih caranya agar kita bisa menjadi seorang trainer atau pembicara publik yang berdampak?” . jawabnya, “penuhi 3 syarat ini terlebih dahulu sebelum kamu menjadi seorang trainer.” Training Motivasi | Berikut 3 syarat tersebut :

  1. Harus Mengamalkan Prinsip

Setiap trainer adalah role model. Maksudnya adalah setiap trainer harus siap melaksanakan apa yang ia katakan dan mengatakan hanya apa yang ia laksanakan.

  1. Harus Menguasai Konsep Pelatihan yang Baik

Bagaimana mengonsep sebuah pelatihan yang menarik dan berdampak bagi audience. Untuk membuat konsep pelatihan yang baik, maka setidaknya kita perlu tahu hal – hal berikut ini : apakah tujuan pelatihan yang ingin dicapai, siapa audience nya, dan bagaimana flow atau sistematika penyampaiannya.

  1. Harus Menguasai Teknis Penyampaian Materi yang Baik

Syarat terakhir adalah aspek teknis dalam penyampaian materi seorang trainer profesional. Mulai dari bagaimana caranya menata penampilan (grooming), apakah pakai batik, pakai jas, pakai celana jeans, pakai aksesoris, make-up, dan semua itu ada ilmunya. Aspek teknis lainnya misalkan bagaimana menjaga kontak mata, mengatur suara, intonasi, menjaga postur memegang mic, adalah ilmu – ilmu dasar yang perlu untuk dikuasai.

Baca Juga : Apa Sih Kecerdasan Emosional?

Selanjutnya tidak kalah penting adalah kemampuan untuk berekspresi, kemampuan ngelawak (ini penting), kemampuan membuat slide yang menarik mata audience, adalah beberapa hal teknis yang perlu trainer profesional kuasai. Jadi, Ternyata kalo kita ingin menjadi seorang trainer professional dan handal itu ada proses yang harus dilalui. Tidak langsung kita bisa menjadi trainer begitu aja. Ketiga syarat di atas itu bentuknya hirarki. Jadi seperti ini, PRINSIP >> KONSEP >> TEKNIS.

Semoga Bermanfaat!

Training JakartaMerry Riana

Dan jika Anda ingin menjadi Trainer yang handal dan powerfull . Silahkan klik Trainerpreneur.com atau hubungi Fitri – Pusat Trainerpreneur di 0811-349-0909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *