Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Sep 17, 2020 |

Lakukan ini dan presentasi anda bubar sebelum 2030

Motivator | Motivator Indonesia | Ghost Fleet, sebuah Novel fiksi bergitu terkenal beberapa hari belakangan ini. Bukan karena alur cerita dalam novel tersebut, akan tetapi pidato berapi-api dari Prabowo yang “mengutip” alur cerita novel. Cerita di mana Indonesia akan “bubar” di 2030.

Apakah benar ini akan terjadi ? rasanya kok kecil kemungkinan itu menjadi kenyataan. Jika melihat dari PriceWaterhouseCoopers (PWC) yang justru memprediksi Indonesia akan menjadi Negara dengan ekonomi terbesar kelima terbesar dunia pada tahun 2030. Namun, jika anda melakukan tiga hal di bawah ini, maka jaminan pasti presentasi anda akan segera bubar, tanpa perlu menunggu “2030”

  1. Membosankan

Suasana presentasi yang membosankan disebabkan karena miskin akan cerita sebagai penunjang poin yang dibahas. Cerita yang datang dari pengalaman pembicara akan menghidupkan suasana presentasi, apalagi diselingi oleh humor. Mainkanlah intonasi suara, serta bahasa tubuh anda, maka kesegaran akan mengalir dalam ruangan presentasi

  1. Membingungkan

Urutan yang tidak jelas, serta sering membahas poin secara acak atau tidak berurutan akan membuat audiens anda bingung dan akhirnya “menyerah” untuk mengikuti bahasan anda. Susunlah presentasi anda secara cermat adalah cara untuk atasi poin ini.

Baca Juga : Kode Keras Public Speaking anda membosankan

  1. Mencemaskan

Ketidak pastian apa yang audiens akan dapatkan serta kepan anda berhenti berbicara anda dua gabunga sempurna untuk menimbulkan kecemasan di tengah-tengah jalannya sebuah presentasi.

Cara terbaik mengatasi hal ini adalah berikanlah agenda presentasi anda diawal sehingga audiens mendapatkan gambaran umum apa yang akan mereka dapatkan saat mendengarkan anda bicara, serta tidak banyak mengulang poin yang telah anda sampaikan apabila tiba waktunya untuk menutup presentasi

Jayalah Indonesia dan maju

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur