Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Mar 14, 2021 | 0 comments

Teknik Membangun Humor Dalam Presentasi

Motivator | Motivator Indonesia | Apakah Anda akan membuka presentasi dengan sebuah humor? Apakah Anda akan membumbui presentasi Anda dengan kisah atau komentar yang menghibur? Beberapa presentasi terbaik dan terjelek mengandalkan humor. Perbedaannya terletak pada kapan dan bagaimana menggunakannya.

Jika Anda memang merasa bisa menggunakan humor pilih yang sesuai dengan tema pembicaraan. Anda juga tidak perlu tergesa-gesa menampilkan humor, biarkan humor mengalir secara spontan. Pasti akan tiba waktunya Anda mahir melontarkan humor dan parody.

Baca Juga : Cara Menggali Percaya Diri Dalam Public Speaking

Supaya Anda tidak terjebak dalam humor yang mematikan presentasi Anda, ada beberapa petunjuk yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan humor :

  1. Gunakan Humor yang relevan. Cobalah untuk mengaitkan lelucon atau komentar dengan topik yang Anda bahas
  2. Jangan pernah menggunakan humor yang menyinggung ras, suka, agama dan budaya. Ingat, Anda sedang menyampaikan pesan kepada audiens, yang memiliki latar belakang yang berbeda. Presentasi yang tidak mengindahkan hal ini selain bisa menyinggung perasaan beberapa dari audiens, juga melanggar norma dan hukum yang berlaku.
  3. Buat lelucon mengenai diri sendiri. Jika Anda membuat lelucon mengenai diri sendiri tanpa merusak otoritas Anda, audiens akan suka.
  4. Jangan berlebihan, lelucon memang bisa memecahkan kekakuan hubungan antara Anda dengan audiens, tetapi Anda tidak diharapkan untuk menjadi pelawak. Anda harus tahu betul proporsi  untuk humor yang akan Anda sampaikan.

Petunjuk di atas adalah beberapa petunjuk ideal, bagaimana seharusnya pembicara menggunakan humor. Tapi mungkin ada satu hal yang mengusik pikiran Anda apakah humor harus selalu sesuai dengan topik dan tema? Kalau kita berbicara masalah ideal tentu akan lebih baik jika humor itu sesuai dengan tema yang kita bahas.

Created : Fitri Yanti

Semoga Bermanfaat!

Dan jika Anda ingin menjadi Trainer yang handal dan powerfull . Silahkan klik Trainerpreneur.com atau hubungi Fitri – Pusat Trainerpreneur di 0811-349-0909

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x