Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Mar 23, 2021 | 0 comments

Tips Membuat Jokes Dalam Public Speaking

Motivator | Motivator Indonesia | Banyak orang masih beranggapan bahwa untuk membuat audiens tertawa dalam sebuah presentasi itu berarti mereka harus jago menemukan, menghafalkan dan menyampaikan jokes-jokes. Jadi akhirnya mereka banyak menghabiskan waktu mencari jokes di internet atau bahkan membeli buku berisi kumpulan humor.

Ada beberapa kelemahan ketika kita menggunakan jokes yang berasal dari internet atau buku kumpulan jokes. Kelemahan yang pertama adalah seringkali ada audiens yang sudah pernah mendengarnya. Humor bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas presentasi dengan memecahkan kebekuan suasana antara Anda dan audiens.

Baca Juga: Mengenal Tipe Audiens Anda

Lantas bagaimana kita memiliki jokes agar audiens anda tidak merasa bosan dengan anda saat presentasi. Berikut ialah beberapa tips untuk anda saat anda membawakan jokes saat presentasi:

1  Jangan Tergesa-Gesa Menggunakan Humor
Presentasi yang efektif dan memukau umumnya berkaitan juga dengan humor. Sikilas humor atau parodi, mudah dilakukan untuk menyenangkan banyak orang. Namun kenyataanya tidaklah menyenangkan, apalagi kalau Anda salah dalam menggunakannya.

Para presenter pemula umumnya tergesa-gesa ingin menggunakan humor pada debut awal mereka saat melakukan presentasi di depan publik, atau mereka ingin mendapatkan tepuk tangan dan tawa dari audiens dengan menggunaka humor, namun mereka tidak tahu persis dari mana sumbernya. Jika Anda memang merasa bisa menggunakan humor pilih yang sesuai dengan tema pembicaraan.

Anda juga tidak perlu tergesa-gesa menampilkan humor, biarkan humor mengalir secara spontan. Pasti akan tiba waktunya Anda mahir melontarkan humor dan parody.

2 Pengalaman Lucu Saat Anda Alami Yang Berhubungan Dengan Topik
Menertawakan kejadian memalukan yang anda alami itu lucu. “Saya dulu pengin sekali jadi penulis. Pertama kali menulis di media nasional lolos, bisa dimuat. eh, yang berikutnya tulisan saya hanya sekelas blogspot dan kompasiana (hahahaa…. yang ini takut kena sensor)!”

3 Pastikan Anda membawakannya dengan tepat.
Melucu bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun. Jika Anda merasa tidak lucu sebaiknya lupakan saja untuk melakukannya. Di sinilah perlunya latihan. Sebuah cerita lucu atau anekdot akan berlipat efeknya jika Anda membawakannya dengan tepat. Bukan sekadar bercerita, tapi ditunjang dengan mimik dan suara.

Reaksi audiens terhadap humor Anda akan berpengaruh terhadap penampilan Anda. Apa yang akan terjadi jika Anda gagal dalam menyampaikan sebuah humor? Gagal membuat mereka tertawa atau justru hanya Anda yang tertawa?

 

Pelajari teknik menjadi Public Speaker bersama Motivator Indonesia dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0811 344 0909

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x