Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 17, 2018 in Articles | 0 comments

4 Tips Lancar Public Speaking

4 Tips Lancar Public Speaking

“Komunikasi bukanlah apa yang disampaikan, melainkan apa yang diterima.”

Motivator | Komunikasi bisa dibilang berhasil apabila informasi yang anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara anda. Apalagi saat anda berbicara di depan umum/publik. Dengan jangkauan audiens yang lebih luas, Anda perlu mempersiapkan diri. Sebab seiring dengan kesuksesan, anda akan butuh berbicara di depan publik.

Baca Juga : 2 Tips Memilih Topik Presentasi

Berikut tips bagi anda yang ingin memperdalam kemampuan public speaking :

* Jadilah Spontan

Jangan menghafal isi materi anda. Dengan menghafal, maka gaya bicara anda akan terlihat kaku dan kedekatan personal tidak akan terjalin. Apalagi jika anda melupakan satu kata dalam materi. Maka anda akan kelabakan, panik, dan bicara anda jadi kacau.

* Bangun Kredibilitas

Percayalah bahwa kredibilitas pembicara mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan pendengar. Ada banyak cara untuk membangun kredibilitas, misalnya dengan gaya yang lugas. Namun cara paling mudah adalah menyiapkan fakta berupa data dan statistik untuk mendukung statement yang anda sampaikan.

* Buang Tekanan yang Anda Rasakan

Rasa gugup mungkin akan menyelimuti perasaan anda saat akan mulai berbicara. Hal tersebut normal. Pembicara yang berpengalaman pun terkadap masih dihinggapi rasa gugup. Cara paling mudah menghadapi rasa gugup tersebut adalah merubah mindset anda. Berpikirlah bahwa anda di sini membawa informasi yang berharga bagi audiens anda.

* Jam Terbang

Langkah untuk menjadi pembicara yang baik adalah terus berlatih. berbicaralah sesering mungkin. Ambil setiap kesempatan yang ada. Sebab seiring intensitas trial & error, anda baru bisa menemukan rumusan yang sesuai. (Mardiana Fitriani)

 

Motivator Jakarta | Motivator Indonesia | Mario Teguh

Pelajari Tips Public Speaking lainnya bersama Motivator dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *