Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

4 TIPS PENTING DALAM KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN

“Communication is the real work of leadership”- Nitin Nohria

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | 4 TIPS PENTING DALAM KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN

Pemimpin adalah seseorang yang harus memiliki kemampuan untuk membawa perubahan positif untuk mecapai satu tujuan yang sama dengan timnya. Dan untuk bisa melakukan itu, hal terbaik dan terpenting yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin adalah komunikasi. 

Komunikasi yang efektif adalah yang terutama dalam meningkatkan kepercayaan, menyelaraskan upaya dalam mencapai tujuan, dan membawa perubahan positif. Saat komunikasi tidak berjalan dengan baik, informasi yang penting akan bisa disalahartikan atau terjadi kesalah-pahaman, membuat hubungan yang buruk, dan akhirnya menghambat progress kemajuan.

Jika anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan anda, berikut 4 tips penting dalam komunikasi kepemimpinan yang anda perlukan untuk menjadi lebih efektif dalam role anda :

Baca juga: 5 Tips Komunikasi Efektif dalam Leadership

1. Kemampuan Menyesuaikan Gaya Komunikasi Anda

Gaya komunikasi yang berbeda adalah penyebab komunikasi yang buruk. Penting untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan Anda. Misalnya, jika Anda seorang pemimpin yang berwibawa , kemungkinan besar Anda memiliki visi yang jelas untuk mencapai kesuksesan dan menyelaraskan tim Anda dengan visi tersebut. Motivasi setiap karyawan berbeda-beda, jadi mengetahui cara menyesuaikan komunikasi Anda sangat penting untuk memengaruhi orang lain dan mencapai tujuan organisasi.

2. Mendengarkan Secara Aktif

Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan meminta pendapat, ide, dan masukan karyawan. Dan ketika mereka berbagi, terlibatlah secara aktif dalam percakapan—ajukan pertanyaan, undang mereka untuk menguraikan. Penting untuk tetap fokus pada saat ini dan menghindari interupsi. Pertahankan fokus Anda pada karyawan tersebut dan apa yang mereka katakan.

3. Kemampuan Mengajukan Pertanyaan Terbuka

Jennifer Currence, presiden perusahaan konsultan The Currence Group, mengatakan kepada Society of Human Resource Management untuk menggunakan akronim TED, yang merupakan singkatan dari:

  • Tell me more.”
  • Explain what you mean.”
  • Define that term or concept for me.”

Dengan memanfaatkan frasa ini ketika berkomnikasi dengan tim Anda, Anda dapat memperoleh tanggapan yang lebih bijaksana dan menyeluruh.

4. Menerima dan Memberikan Umpan Balik

Meminta umpan balik dari tim Anda tidak hanya dapat membantu Anda tumbuh sebagai pemimpin, namun juga membangun kepercayaan di antara rekan kerja Anda. Namun, penting bagi Anda untuk tidak hanya mendengarkan masukannya. Anda juga perlu mengambil tindakan. Jika Anda terus menerima umpan balik dari tim Anda, namun tidak menerapkan perubahan apa pun, mereka akan kehilangan kepercayaan pada kemampuan Anda untuk menindaklanjutinya. 


Artikel ini dikutip dari Harvard Business School
Ayo lakukan 4 tips ini dan jadilah pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan baik. Dan mari tingkatkan kemampuan diri anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/
 atau untuk menanyakan mengenai training motivation mastery atau training public speaking silahkan hubungi Miss. Ivana 6281271940909


Klik disini:  Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x