Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Feb 28, 2021 | 0 comments

Teknik Elevator Pitch

Motivator | Motivator Indonesia “Pak Bagaimana memberikan presentasi singkat namun mengena kepada klien ?” tanya Rahman salah satu peserta Seminar Public Speaking.

Teknik Elevator Pitch dapat di gunakan untuk menjawab pertanyaan di atas. Teknik ini di ambil dari Elevator pitch berasal dari filosofi elevator atau lift yang bergerak cepat dan singkat, namun selama bergerak kebanyakan orang yang berada di dalam lift atau elevator diam dan tidak ada yang mengajak berbicara. Elevator Pitch yang berlangsung hanya 10 menit membuat anda membutuhkan strategi khusus dalam menyipkan, menyusun dan membawakannya. Saat ini saya bagikan teknik CAT dalam menyusun Elevator Pitch anda.

Pertama, Catch them. Di menit awal Anda harus berhasil menarik focus dan perhatian pendengan anda. Caranya dengan membuka presentasi secara unik dan menarik. Unik artinya teknik pembukaan yang anda gunakan jarang di gunakan oleh kebanyakan orang. Menarik karena yang anda presentasikan memenuhi kebutuhan audiens anda. Contohnya : Teknik pembukaan menggunakan fakta yang mengejutkan, Pertanyataan kontrovesi, Powerful Question .

Contoh : “Hasil survey koran kompas hanya 47,9% siswa yang puas dengan cara mengajar guru mereka dan di lain sisi 88% siswa memiliki pandangan bahwa bimbel akan membantu mereka mendapatkan nilai bagus. Hal ini mengindikasikan bahwa bisnis bimbingan belajar akan terus tumbuh dan merupakan peluang empuk di era informasi saat ini”

“Selamat pagi, nama saya Ongky Hojanto dan saat ini saya akan menyampaikan topik Invetasi gurih dan return renyah di franchise ruang belajar ”

Baca Juga : Kulitas Vs Kuantitas

Kedua, Attract them. Lanjutkan membawa focus audiens anda ke dalam isi presentasi anda yang singkat, padat dan kaya solusi dan data. Agar isi presentasi anda memenuhi kaidah di atas maka susunlah isi presentasi anda dengan metode segitiga atau masalah dan solusi. Teknik segitiga adalah teknik di mana anda memaparkan poin-poin penting yang menjadi keunggulan bisnis anda. Sementara masalah dan solusi adalah teknik memaparkan masalah yang di hadapi serta solusi yang anda tawarkan melalui produk atau jasa anda.

Ketiga, Touch them. Tinggalkan kesan yang mendalam setelah anda presentasi. Kesan yang mendalam akan muncul jika anda menguasai materi presentasi, memiliki data penunjang dari sumber yang terpercaya, memenuhi kebutuhan audiens anda, intonasi dan kecepatan bicara yang teratur dan bahasa tubuh yang elegan.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x