Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Jul 17, 2021 | 0 comments

Teknik Atasi Kecemasan

Motivator | Public Speaking Indonesia | Ternyata menghadapai wawancara lebih menegangkan dibandinkan memberikan seminar atau berbicara dihadapan orang banyak. Kira-kira perasaan itulah yang saya rasakan saat mempersiapkan diri untuk wawancara Visa Amerika, kamis kemarin. Untuk kedua kalinya saya akan ke Amerika dan dua-duanya berhubungan dengan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seputar profesi yang saya geluti.

Datang satu jam setengah lebih awal dari jadwal wawancara menandakan keseriusan saya untuk proses ini, walaupun beberapa orang mengatakan jika sudah pernah memiliki visa ke Amerika akan lebih mudah untuk proses pengurusan kedua kali. Seharusnya visa tersebut dapat saya perpanjang secara online tanpa perlu wawancara lagi, jika belum kadaluarsa. Namun, seperti kata pribahasa ” pengetahuan adalah kekuatan ” dan tanpa pengetahuan atau ketidaktahuan akan menghasilkan kelemahan.

Baca Juga : Tuhan mengapa bukan saya ?

Duduk diam di ruangan dengan suhu AC sekitar delapan belas dejarat bersama empat puluhan orang membuat kedinginan serasa menusuk. Belum lagi, kebisuan yang mencekap, membuat kecemasan bertambah. Sebagai praktisi NLP, saya tentu memiliki solusi untuk keluar dari situasi tersebut dan teknik ini juga dapat anda gunakan untuk “bersahabat” dengan kecemasan anda.

1. Fokus ke hal yang baik dan menyenangkan.

Sambil duduk menunggu anda bisa mengfokuskan pikiran anda kepada hal-hal yang menyenangkan, lucu dan mengasikan. Ingat lagi beberapa kejadian yang pernah anda alami yang berhubungan dengan hal diatas.

2. Pecahkan kebekuan

Bergerak adalah solusi untuk memecahkan kebekuan. Jalanlah untuk mengambil air minum, jika di sediakan air mimun. Berbicaralah dengan orang yang anda disamping kiri atau kanan anda. Tanyakan beberapa hal yang umum kepada mereka.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking Anda? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan Anda dapat memberikan konsultasi kepada public speaking ke: 08113440909

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x