Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Sep 22, 2021 | 0 comments

Teknik Mensiasati Ketidakpastian dalam Presentasi

Motivator | Pembicara | Dunia sementara menghadapi ketidak pastian dibidang ekonomi yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global salah satunya dipicu oleh merebaknya wabah corona asal Wuhan, China. Hal ini di sampaikan Bank of America (BofA). Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di seluruh dunia diproyeksikan melambat menjadi 2,8% untuk tahun 2020.

BofA memproyeksikan pertumbuhan China di angka 5,2% pada tahun 2020, turun dari 5,9% pada tahun 2019. Sementara pertumbuhan PDB global, tidak termasuk China, diperkirakan akan tumbuh hanya 2,2%. Ini juga merupakan pertumbuhan yang terendah sejak resesi 2009 yang lalu.

Ketidak pastian ada dalam berbagai kondisi tidak hanya ekonomi, termasuk saat ada akan membawakan presentasi. Ada beberapa hal yang tidak pasti dalam sebuah presentasi. Dan ini dapat di antasipasi dengan cara memetakannya di awal dan menyiapkan cara menaggulanginya. Berikut adalah beberapa ketidak pastian yang patut untuk di perhatikan :

Baca Juga : Speaking, Teaching & Inspiring

1. Pertanyaan

Persiapkan diri anda secara baik sehingga anda menguasai materi presentasi yang akan anda bawakan. Carilah beberapa data pendukung dari sumber yang terpercaya sebagai bahan pendukung poin yang akan yang anda bahas. Baca lagi beberapa kali materi presentasi anda untuk membuat anda lebih memahami nya.

2. Respon Audiens

Mulailah mengganti cerita atau illustrasi yang anda sampaikan apabila illustrasi tersebut sulit untuk mereka pahami. Termasuk, mengubah cara dan gaya penyampaian anda. Suatu saat saya di undang untuk memberikan pelatihan untuk sebuah perusahan MLM di mana pesertanya umumnya ibu-ibu. Saat melihat kondisi tersebut, saya mengubah cara saya menjalaskan poin 3S ( subject mastery, sequencing dan showmanship ) menjadi 3B ( Berani, Berurutan dan Bahasa Tubuh ).

3. Situasi

Ada beberapa situasi yang membutuhkan respon cepat, seperti lampu padam, AC rusak, laptop rusak. Hal ini butuh persiapan mental dan kesiapan cara penangannya. Pastikan anda telah berkoordinasi dengan panitia dan menyampaikan tindakan yang harus mereka lakukan untuk menghadapi situasi di atas.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x