Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Sep 24, 2021 | 0 comments

Waktu Terbaik Untuk Mundur dalam Presentasi

Motivator | Pembicara | Mahathir Mohamad yang berusia 94 tahun ini merupakan perdana menteri tertua di dunia, sebelum resmi mengundurkan diri dari jabatan selaku PM pada Senin (24/2/2020). Ia mulai berkuasa pada tahun 2018 lewat pemilu, mengalahkan partai partai United Malays National Organisation (UMNO), pimpinan Najib Razak. Mahathir pernah pensiun dari jabatan sebagai Perdana Menteri pada tahun 2003, setelah 22 tahun memimpin.

Seorang pemimpin yang baik, tentunya tahu kapan waktu yang tepat untuk mengundurkan diri. Sama hal nya dengan seorang Pembicara, harus memiliki kepekaan kapan waktu terbaik untuk mengakhiri pembicaraannya. Mininal ada tiga indikator ini, sebagai penanda anda sudah harus “mundu” dari presentasi anda :

1. Tanda Waktu

Tanda pertama adalah apabila waktu presentasi anda telah selesai. Tidak perlu menambahkan waktunya dengan alasan apapun, kecuali anda telah diizinkan oleh panitia penyelenggara dan audiens yang meminta anda untuk melanjutkan presentasi anda.

Baca Juga : Teknik Atasi Kecemasan

2. Tanda Audiens

Audiens anda gelisah, resah dan mulai tampak bosan mendengarkan anda berbicara. Tidak perlu kecewa dengan kejadian ini, namun jadikan bahan evaluasi agar kedepannya dapat berlangsung dengan jauh lebih baik. Namun, jika anda telah mencoba memperbaikinya saat itu dan audiens tetap tidak berespon dengan baik, ini tanda anda harus segera mengakhiri presentasi anda.

3. Tanda Situasi

Pekalah terhadap situasi yang terjadi saat anda memberikan presentasi. Perhatikan waktu makan, rehat dan tanda waktu sholat. Jika sudah menunjukan waktunya, maka anda harus berhenti.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/workshop

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x