Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Mar 13, 2020 | 0 comments

Tips Sukses Komunikasi

“Manusia tidak bisa untuk tidak berkomunikasi” NLP

Motivator | Pembicara | Coach |Menurut Australian Institute of Business, dua dari 6 alasan mengapa komunikasi menjadi hal terpenting dalam sebuah perusahan adalah untuk membangun tim kerja yang efektif sekaligus mendukan pertumbuhan perusahan. Dan saya yakin anda setuju dengan hal tersebut. Poin selanjutnya adalah bagaimana cara berkomunikasi yang efektif sehigga kawan bicara mau melakukan apa yang anda sampaikan, baik berupa ide, gagasan, pendapat, penawaran , perintah atau hanya sekedar usulan.

Ada tiga M yang penting untuk dipahami dalam komunikasi :

Pertama, Mengerti orang lain.

Anda harus melalukan observasi untuk mendapatkan informasi mengenai kawan bicara anda. Informasi mengenai hal-hal yang tersirat akan bermanfaat dibandingkan hanya informasi yang di katakan. Tentu penting badi Anda untuk mengetahui budaya, latar belakang, hobi dan beberapa hal dari kawan bicara anda, namun salah satu hal yang terpenting ada mengetahui cara kawan bicara anda memproses informasi yang masuk dari luar dirinya kedalam dirinya atau cara dia merepresentasikan apa yang dilihat atau dalam NLP di istilahkan dengan representational systems. Ada tiga sistim representasi utama, yakni : Visual, Auditory dan Kinaesthetic.

Selain itu, akan sangat membantu jika anda memiliki kemampuan untuk mengerti meta program yang menjadi pendorong orang melakukan apa yang mereka lakukan.

Kedua, Mengirimkan pesan.

Hal kedua yang di lakukan adalah mulai mengirimkan pesan, sesuai dengan hasil observasi yang telah anda lakukan. Mengirimkan pesan adalah seni yang harus di pelajari dan disusun. Seringkali orang berkomunikasi tanpa mempersiapkan apa yang akan dia komunikasikan, sehingga hal ini menjadi tidak efektif dan terkadang menyebabkan masalah dikemudian hari.

Ketiga, Menerima umpan balik

Dan ketiga adalah Anda harus mengetahui hasil dari pesan yang anda kirimkan, apakah di mengerti oleh kawan bicara anda atau tidak. Hal ini dapat anda lakukan dengan menerima umpan balik dari kawan bicara anda.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x