Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Mar 18, 2020 | 0 comments

Efektif Komunikasi dalam Kondisi Krisis

Motivator | Pembicara | Coach | Beberapa pengamat merasa ‘geram’ dengan gaya komunikasi Menteri Kesehatan saat menangani kondisi ‘genting’ karena paparan virus Corona di Indonesia yang terkesan menganggap entang penyebaran virus ini. Pro dan kontra terhadap gaya komunikasi seseorang menjadi wajar tergantung dan sudut pandang dan juga mungkin tergantung dari kepentingan yang memberikan komentar. Namun, penting untuk di pahami bahwa dalam kondisi krisis ada beberapa hal yang penting untuk di lakukan sehubungan dengan komunkasi, yakni :

1. Berikan rasa ketenangan

Hal pertama yang harus di lakukan adalah memberikan rasa tenang kepada orang lain, mengenai kondisi yang terjadi saat ini. Kepanikan akan menimbulkan masalah baru, seperti : penumpukan barang yang menyebabkan harga -harga meningkat, ketidak mampuan membeli barang akan membuat orang gelap mata dan melakukan penjarahan, ini akan menyebabkan kekacauan dan situasi yang tidak terkendali dapat di manfaat oleh orang lain dengan kepentingan politik.

Rasa tenang dapat di ciptakan dengan memberikan informasi mengenai cara penanganan yang sudah dilakukan dan yang akan di lakukan sehingga akan timbul ketenangan di masyarakat.

2. Berikan solusi

Langkah kedua dalam komunikasi di situasi krisis adalah memberikan solusi mengenai cara mengatasi corona yang dapat di lakukan oleh masyarakat dengan mudah

3. Berikan rasa kepastian

Hal terakhir yang di butuhkan masyarakat adalah rasa kepastian kapan situasi ini akan berlalu. Sulit untuk menentukan kapan virus Corona akan berakhir di Indonesia, namun pemerintah dapat membagi dalam beberapa fase penanganan dan fase penyebaran. Sehingga masyarakat mendapatkan rasa kepastian kapan ini akan berakhir.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x