Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Apr 3, 2020 | 0 comments

Lockdown dalam Presentasi

Motivator | Pembicara | Coach | Lockdown adalah kata yang sering kita dengar dua bulan terakhir ini, di tengah maraknya pendemi virus covid-19. Kata yang dapat diartikan kuncian atau mengunci yang oleh beberapa Negara di jadikan kebijakan untuk mengatasi virus covid-19. Kebijakan lockdown ini membuat sebuah tempat di “isolasi” sehingga tidak ada orang yang dapat keluar dan masuk ke tempat tersebut.

Saat anda membawakan sebuah presentasi, tentunya anda berharap orang akan mendengar apa yang anda sampaikan dan ini akan terjadi apabila mereka tetap duduk di dalam ruangan serta mengurangi masuk keluar ruangan presentasi anda.

Tentunya hal ini membutuhkan strategi dan pendekatan agar audiens anda mau tetap berada didalam ruangan serta mendengarkan apa yang anda sampaikan.

Dan inilah yang harus anda lakukan :

1. Aturan main

Buatlah aturan main sebelum anda memulai presentasi anda. Aturan main akan membuat audiens anda mengetahui apa yang dapat mereka lakukan dan apa yang tidak dapat mereka lakukan. Aturan main juga akan membuat kondisi presentasi anda “kondusif” karena ada kesepakatan awal antara anda sebagai pembicara dan pendengar anda.

2. Menarik

Selanjutnya adalah cara anda membawakan presentasi haruslah menarik. Kata menarik ini jabarannya sangat luas , sehingga saya persempit dengan tiga hal ini : materi presentasi anda harus cocok dengan kebutuhan mereka, selipkan beberapa cerita yang mendukung poin yang anda bahas, lalu papar data-data pendukung poin-poin anda.

3. Antusias

Terakhir adalah cara anda membawakan presentasi haruslah antusias. Antuasi akan digambarkan dari volume suara anda, bahasa tubuh anda yang aktif serta kecepatan bicara anda yang di atur untuk tidak terlalu lambat dan sesekali tingkatkan kecepatan bicara anda.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x