Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Apr 9, 2020 | 0 comments

Pentingkah Seorang Caoch ?

Motivator | Pembicara | Coach |”Pak, apa bedanya trainer, motivator, coach, konsultan dan terapis ?” Tanya Wanto salah seorang peserta seminar saya.

Terkadang istilah-istilah ini membingungkan bagi sebagian besar orang. Lalu apa penjelasan yang sederhana untuk membedakannya ?

Perhatikan !

Andaikan seorang anak ingin belajar berenang, maka ia akan datanag ke trainer untuk di latih cara berenang yang benar dan maksimal hasilnya. Namun dalam proses tersebut, si anak sempat tenggelam dan trauma. Ini adalah tugas terapis untuk membantu sang anak kembali kepada kondisi sebelum traumatis dan mau latihan lagi.

Setelah dia latihan dan latihan, si anak merasa bahwa ia tidak dapat menempuh waktu yang di harapkan, ia harusnya datang ke konsultan untuk berkonsultasi mengenai gaya renang yang cocok untuk bentuk tubuhnya. Setelah mendapatkan masukan dari konsultan, anak ini mulai berlatih dan Motivator dalam mengambil porsi kerjanya dengan memberikan motivasi kepada si anak agar tidak menyerah.

Namun, jika sang anak ingin memperbaiki waktu tempu yang ia peroleh, maka peran coach ada pada situasi ini. Situasi dimana si anak telah memiliki sumber daya yakni kemampuan berenang, namun belum dapat mengeluarkan potensinya secara maksimal.

Efektifitas dalam sesi coaching akan terjadi apabila coachee atau orang yang akan di coach, memiliki beberapa hal ini :

1. Tujuan

Coachee harus mengetahui di awal sasaran yang ingin di capai dan sekaligus tantangan-tantangan yang menghalangi dia untuk menuju ke tujuannya.

2. Pengetahuan

Coachee memiliki pengatahuan akan hal-hal yang di butuhkan untuk membawa dia ke tujuan yang dia harapkan. Fungsi utama dari seorang coach adalah membantu cochee untuk mengeluarkan kemampuan yang dia miliki secara maksimal sehingga dapat melakukan percepatan hasil atau pencapaian tujuan awal yang telah di tetapkan

3. Motivasi diri

Coachee harus memiliki motivasi diri karena coach tidak akan membantu dalam pelaksanaan program kerja yang di buat dalam sesi coaching.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x