Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Apr 28, 2020 | 0 comments

Jangan Baperan Saat Presentasi

Motivator | Pembicara | Coach |Presiden Afrika Selatan (Afsel) Cyril Ramaphosa sempat menjadi tertawaan di media sosial setelah terlihat kesulitan memakai masker saat menyampaikan pidato terkait pandemi virus Corona (COVID-19).

Menanggapi hal ini, Ramaphosa tidak marah dan malah ikut mengolok-olok dirinya sendiri. “Bagi mereka yang menertawakan saya kemarin, biar saya beritahu Anda sesuatu. Saya akan membuka saluran televisi di mana saya akan mengajari orang-orang soal cara memakai masker. Anda bisa mendaftar,” ucap Ramaphosa sembari terkekeh.


Saat anda membawa presentasi dan ada hal “konyol” terjadi sehingga orang menertawakan anda, maka jadikanlah hal itu sebagai pintu masuk untuk membuat lelocun baru. Biarakanlah orang lain senang atas “penderitaan” anda dan janganlah Baperan karena kelucuan itu menyenangkan dan menghibur. Tertawalah bersama dengan audiens anda karena ini moment berharga untuk di lewatkan.

Berikut ini hal harus anda lakukan :

1. Menekankan kekonyolan anda

Reka ulang atau tekankanlah kekonyolan anda sehingga mendapatkan efek “bold” untuk hal itu.

2. Tertawalah bersama Audiens

Jangan jaim atau berpura-pura tidak ada yang terjadi. Namun, tertawalah bersama audiens anda. Nikmatilah suasana tersebut.

3. Kisah yang bercerita

Jadikan pengalaman tersebut sebagai stok baru cerita anda untuk presentasi berikutnya.

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x