Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Sep 19, 2020 | 0 comments

Emosi yang merusak Hidup

Beberapa waktu yang lalu, saat pulang mengajar di Panangian School of Property dengan menumpang sebuah taxi yang menghantar saya pulang ke Tangerang. Jam 22.00, dimana jalanan agak sedikit lengang, sambil mendengarkan lagu diradio taxi itu, saya biasanya akan mengajak ngobrol supir taxi dengan beberapa tujuan. Melakukan “riset” tanggapan mereka tentang gubernur Jakarta, calon presiden mereka atau juga pengalaman mereka dalam mengemudi taxi.
Dari cerita itu, kisah ini saya tuliskan. Arman, sang supir taxi berkisah, tentang suka duka yang pernah ia alami saat menjadi supir taxi. Dan mungkin saja ini dapat saya gunakan sebagai bahan dalam Seminar NLP Jakarta.

“Saya punya pengalaman yang buruk dan sekaligus menjadi pengalaman yang menarik” kata Arman, saat ia saya Tanya suka duka menjadi supir taxi. Menarik kata saya dalam hati. “Bagaimana ceritanya?” Tanya saya sedikit penasaran.

“Saya pernah pak dipukuli hingga keluar dari mobil oleh penumpang” cerita si Arman.

“Waktu itu, ada orang singapur yang order taxi pak, Jaraknya dekat dan argonya Rp 21.000. Tapi, syarat dari perusahan kalau order taxi minimum harus Rp 40.000. Maka, saya meminta sang tamu untuk menambah Rp.29.000 lagi” kata sang pengemudi.

“Tamunya, tidak mau membayar, biaya tambahan Rp 29.000.Walaupun sudah saya jelaskan secara baik-baik. Hingga akhirnya terjadi perdebatan dan sang tamu memukul teling dan kepala saya beberapa kali. Berusaha untuk tidak kena pukulan lebih banyak saya keluar dari mobil. Celakanya, sang tamu malah membawa lari mobil tersebut.” Ceritanya.

“Setelah saya menelpon kantor, mereka mengirimkan tim kelapangan tempat kejadian. Dan karena sang tamu tidak tahu arah jalan, maka dia hanya berputar-putar didaerah sekitar tempat kejadian dan kembali lagi ke TKP(tempat kejadian perkara). Oleh TIM dari kantor, sang tamu disergap dan di minta untuk ikut kekantor polisi untuk membayat ganti rugi Rp. 11 juta. Akibat kerusakan mobil yang penyot dan spion yang patah serta ganti rugi biaya rumah sakit saya.” Sambung sang supir.

“Anehnya, pak. Tamu itu minta damai dan langsung membayar Rp. 11 juta. Uang diambil dari tasnya.” Kata si supir sambil tersenyum.

“Goblok banget pak.” Katanya lagi

“Saya minta Rp 29.000 ngak mau ngasih. Ehh giliran diminta Rp 11 juta langsung ngasih.” Lanjut si supir.

“Ya lumayan, saya dikasih Rp 5 juta.” Mengakhiri ceritanya dengan senyuman. hmmm, cerita mengenai emosi yang tak terkedali sehingga harus membayar mahal akibatnya. sebuah bahan cerita untuk Seminar NLP Jakarta nih, kata saya dalam hati.

Emosi sesaat yang tidak dapat dikendalikan terkadang dapat merusak masa depan yang cerah. Marah hingga membunuh seseorang, sakit hati hingga menikam orang lain atau mungkin tidak se ekstrim itu,
Contohnya :
• Marah dan memecat karyawan terbaik anda, kemudian saat situasi tenang anda menyesal
• Marah dan anda menampar anak anda dan kemudian anda akhirnya menyesali tindakan anda
• Kecewa akan bisnis anda dan memutuskan untuk menutup bisnis anda
• Sakit hati dan mengajukan resign dari kantor anda, namun kemudian menyesal

Our emotion is create by our motion – emosi kita diciptakan oleh bahasa tubuh kita kata Anthony Robbins. Ada beberapa tips mantap untuk mengendalikan emosi yang tidak pada tempatnya.
Pertama, saat anda marah. Tariklah napas sepanjang mungkin melalui hidung dan hembuskan secara perlahan-lahan melalui mulut anda

Kedua, rubahlah bahasa tubuh anda. Kalau anda duduk segera berdiri. Lihat keatas dan cobalah tersenyum walaupun dipaksakan

Ketiga, katakan kepada diri anda. “Sabar… sabar… sabar… saya harus sabar… sabar Ongky”

Keempat, pikirkan apa tujuan anda marah dan apakan ada cara lain untuk mencapai tujuan anda dengan cara yang lebih elegan ?

Kelima, pikirkan efek jangka panjang dari kemarahan anda.

Ingatlah marah sebuah tindakan yang tepat, asalkan kemarahan anda menyelesaikan masalah dan tidak menambah masalah baru. Semoga bermanfaat

shareSeriale Online

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klikwww.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x