Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Mar 9, 2021 | 0 comments

Ghosting Saat Public speaking

Motivator | Public Speaking | Pembicara | Ghosting atau menghilang secara mendadak tidak hanya terjadi dalam dunia percintaan dan perhutangan, namun acap kali juga terjadi dalam dunia “pembicaraan” atau public speaking.

Sang pembicara mungkin saja tanpa dia sadari telah melakukan “ghosting” kepada para audiensnya dengan berpura-pura lupa di tiga hal ini :

1. Menjawab pertanyaan audiens

“Pertanyaan bagus, saya akan jawab di akhir sesi” salah satu teknik ghosting yang di lakukan karena si pembicara belum menemukan jawaban dari pertanyaan yang di ajukan. Dan hingga akhir sesi, jawaban tidak kunjung di berikan. Entah, di sengaja atau tidak. Namun, peserta tidak mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang di tanyakan.

2. Menjelaskan sebuah poin

“Bagian ini akan saya jelaskan nanti” dan penantian Anda pun berakhir dengan kekecewaaan karena penjelasan itu tidak kunjung datang. Hal di lakukan karena mungkin saja si pembicara mendadak lupa penjelasan dari poin tersebut atau tidak terlalu memahami akan poin tersebut, sehingga tidak percaya diri untuk masuk lebih dalam ke area penjelasan karena kuatir menimbulkan banyak pertanyaan dan “permasalahan” karena keliru menjelaskan.

3. Memenuhi Janji

Ghosting juga dapat di artikan menghilang dari janji yang di berikan. “Materi presentasi ini akan saya bagikan kepada Anda, jadi tidak perlu di catat. Perhatikan saja di depan” Namun hingga saat ini materi tersebut tidak kunjung Anda terima.

Semoga bermanfaat !

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x