Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Apr 9, 2021 | 0 comments

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Public Speaking

Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | “Jika Anda ingin membangun kepercayaan, maka Anda harus memulai dengan membangun Kepercayaan diri Anda” Ongky Hojanto

Berbicara di depan umum merupakan tantangan bagi sebagian besar orang. Ketakutan, kegugupan serta rasa frustrasi menghinggapi seseorang yang akan berbicara di hadapan umum. Rasa terteror ini, bahkan berada berminggu-minggu di dalam pikiran seseorang sebelum hari itu tiba. Lalu, bagaimana cara Anda mengatasi nya ? Cobalah beberapa cara ini :

1. Pikiran – Mulailah dari pikiran.

Kekuatiran adalah tanda dan isyarat dari pikiran Anda untuk membuat Anda waspada dan mawas diri sehingga Anda lebih serius mempersiapkannya. Namun, jika hal ini berlebihan, Anda akan merasa terteror dan akhirnya frustrasi. Tenangkan pikiran Anda dengan memikirkan apa yang Anda harapkan peroleh saat public speaking tersebut dan bukannya apa yang justru tidak Anda inginkan,semisal : Anda mengharapkan mendapatkan pujian, bayangkanlah saat Anda berhasil membawakan sebuah public speaking dan mendapatkan tepuk tangan dari audiens Anda. Hindari membayangkan hal yang Anda tidak inginkan terjadi.

Hal kedua yang harus di lakukan dalam pikiran Anda adalah membangun pemahaman bahwa tidak ada yang salah dan benar dalam sebuah public speaking, selama Anda tidak hoax dan sara. Public speaking hanya di kategorikan menarik dan tidak menarik. Public speaking yang menarik hanya akan muncul dari perbaikan-perbaikan public speaking yang tidak menarik.

2. Persiapan – Persiapan Anda kunci keberhasilan Anda.

Bacalah berulang kali materi yang akan Anda bicarakan. Carilah beberapa sumber lain untuk mendukung poin-poin yang akan Anda sampaikan, serta cobalah tampil di depan cermin atau di depan orang-orang terdekat Anda, sebelum Anda tampil di depan umum.

3. Penjangkaran – Memori itu abadi.

Dan cara terakhir untuk membangun rasa percaya diri Anda, saat akan berbicara di depan umum adalah dengan meyakinkan diri Anda bahwa Anda dapat melakukannya. Ingat kembali beberapa situasi dan kejadian di masa lalu, saat Anda juga pernah mengalami sebuah keraguan atau kekuatiran saat akan melakukan sesuatu, namun saat Anda bertindak, Anda berhasil melakukannnya.  Dalam teknik NLP ini di sebut penjangkaran. Anda menjangkar, memori masa lalu pada situasi saat ini, sehingga saat Anda mengingat memori masa lalu tersebut, situasi percaya diri yang pernah Anda alami akan di munculkan kembali.

Cobalah mempraktekan tiga hal di atas dan ubahlah ketidak percayaan diri Anda !

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x