Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Tips Ampuh Atasi Tangan Gemetar Saat Public Speaking

Deeply earnest and thoughtful people stand on shaky footing with the public” – Johann Wolfgang von Goethe

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | 5 Tips Ampuh Atasi Tangan Gemetar Saat Public Speaking

Berbicara di depan publik merupakan suatu hal yang mudah bagi sebagian orang, namun tidak menutup kemungkinan menjadi tantangan tersulit bagi sebagian orang juga. Seseorang yang sudah mahir dan ahli dalam melakukan public speaking telah melalui berbagai rintangan dan tantangan yang telah dihadapi dan belajar dari kekurangan yang dimiliki. Suatu hal yang wajar kebanyakan orang menjadi gugup apabila berbicara di depan publik. Getaran pun dapat timbul pada saat seseorang menjadi gugup, contohnya adalah bagian tangan yang gemetar. Dilansir pada Medical News Today, faktor-faktor tersebut dapat terlihat karena kondisi diri yang stres, cemas, konsumsi kafein, dan/atau kurang tidur. Selain itu, menurut Dee Clayton seseorang yang memenangkan penghargaan National Gold Winner – “Business Owner/s of the Year” National Business Women’s Awards 2022 mengungkapkan bahwa saat seseorang semakin takut untuk berbicara, maka Anda menciptakan pikiran bahwa semua yang Anda lakukan menjadi buruk. Oleh karena itu, banyaknya adrenalin yang diproduksi di dalam tubuh akan menyebabkan tangan Anda gemetar. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi tangan gemetar saat melakukan public speaking?

Berikut 4 tips ampuh atasi tangan gemetar saat public speaking menurut Arlin Cuncic, M.A. seorang ahli social anxiety dan penulis buku The Anxiety Workbook:

Baca Juga: APA ITU “NEGATIVE BODY LANGUAGE”?

1. Bersantai sebelum presentasi
Salah satu cara untuk mencegah diri Anda dari gemetar pada saat melakukan public speaking adalah melakukan hal yang dapat memicu diri Anda menjadi rileks. Melakukan hal yang membuat diri Anda rileks menghasilkan lebih sedikit adrenalin dalam tubuh Anda. Anda dapat melakukan meditasi, melakukan pernapasan dalam untuk menciptakan perasaan santai, dan/atau visualisasi dengan membayangkan diri and berada di lingkungan yang membuat Anda menjadi aman dan nyaman.

2. Mengontrol pergerakan sebagai sarana melepaskan rasa gugup
Melepaskan rasa gugup pada saat public speaking dapat dilakukan dengan mengubah posisi lengan dan/atau kaki. Perubahan posisi lengan dan/atau kaki dapat dilakukan seperti memberi isyarat terkait hal yang Anda sampaikan atau beralih ke posisi lain saat Anda mengganti topik. Jangan biarkan tangan Anda melambai, karena membuat gemetar lebih terlihat dengan jelas.

3. Olahraga
Olahraga dapat membantu mengurangi ketegangan saraf sehingga tubuh menjadi rileks secara fisik dan pikiran serta menghilangkan rasa kekhawatiran berlebih. Olahraga juga menurunkan kadar kortisol, yakni hormon stres dalam sistem Anda sehingga membantu mengurasi rasa gugup.

4. Konsumsi air, namun hindari minuman, makanan dan obat-obatan berkafein
Air adalah salah satu minuman terbaik untuk melawan rasa kecemasan. Air membantu untuk menghilangkan kadar kortisol yang memicu seseorang memiliki rasa cemas yang berlebih. Namun, sangan tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman, makanan, dan/atau obat-obatan yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan kecemasan dan memperburuk situasi Anda.

5. Menggunakan Beta-Blockers
Jika melakukan public speaking sangat penting namun gagal untuk melakukan metode yang lain, Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk penggunaan Beta-Blocker. Beta-Blocker mencegah aliran adrenalin sehingga obat ini dapat menenangkan tangan Anda yang gemetar, sehingga memungkinkan Anda berbicara dengan lebih tenang. Namun, Beta-Blocker memiliki efek samping sehingga memang diperlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi Beta-Blocker.


Cobalah memperhatikan lima hal di atas, sehingga Anda dapat mengatasi tangan gemetar pada saat melakukan public speaking. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909


Klik disini: 3 Cara Mengatasi Demam Panggung
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x