Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Tips Komunikasi Efektif dalam Leadership

“ The art of communication is the language of leadership” – James Humes


Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | 5 Tips Komunikasi Efektif dalam leadership

Komunikasi yang baik adalah fungsi utama kepemimpinan dan kunci karakteristik dari seorang pemimpin yang baik. Komunikasi yang efektif dan kepemimpinan yang efektif saling berhubungan erat. Jika komunikasi kepemimpinan dilakukan dengan baik akan dapat membawa kepercayaan dan perubahan positif.

Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk berpikir dengan jernih, mengekspresikan ide atau mengemukakan gagasannya, dan berbagi informasi dengan banyak orang. Juga harus bisa meng-handle arus informasi yang cepat dalam organisasi dan antara pelanggan, mitra kerja, vendor, para pemangku kebijakan dan influencers.

Baca juga: 3 Mindset saat presentasi penjualan

Berikut 5 tips komunikasi yang efektif ;

  1. Berkomunikasi Tanpa Henti
    mengkomunikasikan informasi, pemikiran, dan ide dengan jelas – dan sering – di beberepa media berbeda. Biarkan prosesnya terbuka dan transparan, carilah cara untuk membantu komunikasi dalam tim anda, karyawan, atau organisasi. Hilangkan semua sikap acuh dan arogansi, dan carilah waktu untuk berbicara dengan orang-orang anda.

  2. Menetapkan Ekspektasi Yang Jelas
    Di dalam setiap hubungan, perilaku kita di pandu oleh beberapa aturan atau norma sosial, dan dalam professional setting, norma ini cenderung tidak perlu diucapkan. Bersungguh-sungguhlah dalam membuat ekspektasi yang jelas dan norma tim dalam organisasi anda, baik dengan cara mengirimkan pesan pada seluruh tim, memimpin diskusi grup, atau berbicara secara langsung satu-persatu.

  3. Sederhanakan dan Langsung
    Katakan apa yang ingin anda katakan, secara langsung. Jangan bersembunyi dibalik kerumitan dan menumpuknya. Komunikasi langsung dapat menjadi tipe komunikasi yang paling penting. Bahkan menjadi lebih penting lagi saat berkomunikasi secara virtual.

  4. Ilustrasikan dengan Cerita
    Saat anda menceritakan kisah yang bagus anda memberikan kehidupan kedalam sebuah visi, atau tujuan. Menceritakan kisah yang bagus dapat membuat kepercayaan, menangkap hati dan pikiran, juga berfungsi sebagai pengingat sebuah visi. Ditambah lagi orang akan lebih mudah untuk mengulang sebuah cerita, atau gambar, atau kutipan dibandingkan berbicara tentang sebuah misi, strategi, atau rencana proyek. Ini adalah kunci saat berbincang tentang visi. Kemampuan anda untuk mengkomunikasikan kisah yang bagus, menarik, dan autentik akan membantu anda memperkuat branding kepemimpinan anda.

  5. Bersiap
    Komunikasi yang buruk di masa lalu mungkin akan mempengaruhi tanggapan audiens tentang apa yang anda sampaikan hari ini. Ini adalah tugas anda, mulailah membiasakan diri anda dengan konteks seputar suatu masalah, mencari alternatif sudut padang lain dan perspektif yang baru tentang itu, sebelum anda memulai sebuah komunikasi. Jika anda menemukan penolakkan atau dihadapkan pada kondisi yang berbeda, anda akan merasa lebih siap untuk menghadapinya dan dapat berkomunikasi dengan lebih efektif.


    Artikel ini dikutip dari Center For Creative Leadership
    Ayo lakukan 5 tips ini untuk membuat komunikasi leadership anda menjadi lebih efektif. Dan mari tingkatkan kemampuan diri anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/
    atau untuk menanyakan mengenai training motivation mastery atau training public speaking silahkan hubungi Miss. Ivana 0881882850909


    Klik disini:  Bangkit dari kegagalan
    Semoga bermanfaat!
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x