Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Okt 21, 2020 | 0 comments

Kunci Belajar Public Speaking

Malcom Gladwell dalam bukunya Outliers mengungkapkan sebuat survei yang dibuat oleh psikolog K.Anders Ericsson dan dua orang rekannya di academy of music Jerman. dibantu oleh beberapa professor diakademi tersebut, mereka membagi para pemain biola di sekolah tersebut kedalam tiga kelompok.

Kelompok pertama adalah pemain bintang, siswa yang memiliki potensi untuk menjadi pemain biola kelas dunia, kelompok kedua berisi pemain biola yang dinilai bagus dan kelompok ketiga adalah siswa yang kemungkinan besar tidak akan menjadi pemain biola profesional akan tetapi hanya menjadi guru biola di sekolah negeri.

ketiga kelompok ini memulai belajar biola saat berusia lima tahun dan ditahun-tahun pertama mereka menghabiskan waktu yang sama banyak dalam melakukan latihan. perbedaan mulai tampak saat mereka berusia delapan tahun. siswa terbaik mulai lebih sering berlatih dibandingkan dengan teman-temannya.

Kesimpulan dari penelitian ini, para pemain elite biola akan menghabiskan waktu 10.000 jam latihan saat berusia 20 tahun, siswa yang biasa saja akan berlatih 8000 jam dan siswa yang akhirnya menjadi guru biola hanya berhalatih 4000 jam. kunci utama adalah 10.000 jam latihan yang membuat perbedaan.

Dalam public speaking hal yang sama juga berlaku. Kunci sukses dalam Belajar Public Speaking adalah latihan. Jika anda akan membawakan pidato, presentasi atau akan berbicara didepan sebuah forum, maka H-7 anda sudah harus latihan dengan cara mengulang-ngulangi apa yang akan anda sampaikan.

Latihan yang dibimbing oleh orang yang berpengalaman akan membuat anda mendapatkan koreksi dan masukan berharga sehingga perbaikan demi perbaikan dapat segera anda lakukan. Ikutlah kursus, pelatihan , Seminar Public Speaking atau Training Public Speaking

Tidak ada waktu yang pasti seberapa banyak jam latihan yang harus anda jalani, semuanya tergantung kepada tujuan anda. Merujuk, hasil penelitian dari psikolog K.Anders Ericsson untuk menjadi seorang professional public Speaker 10.000 jam adalah harga mati.

Jadi, Ingatlah 3 L yang terpenting untuk sukses dalam Public Speaking : Latihan, Latihan dan Latihan.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x