Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Sep 17, 2021 | 0 comments

Public Speaking Capres

“Menunggu sebuah pekerjaan yang meletihkan, namun jeli menciptakan sesuatu yang asik untuk killing time mungkin sebuah tindakan yang paling bijak”

Tiba di bandara Sultan Hasanudin jam 19.20 dan berharap pesawat lion air akan terbang ontime dipukul 21.45. Duduk diatas pesawat sekitar 1 jam 20 menit lalu tiba di Jakarta sekitar jam 23.00. Harapan memang sulit menjadi kenyataan jika naik lion air.

Delay hingga jam 00.45, membuat saya mencari cara untuk mengusir kebosanan plus nguntuk yang mulai hinggap.

Debat capres jilid 3 menjadi sebuah tayangan menyenangkan hati dan sedikit mengusir ngantuk. Ada beberapa poin menarik yang dapat di tiru khususnya mengenai ilmu Public Speaking dari kedua capres yang melakukan debat.

Saya membagi 3 aspek yang akan menjadi tinjauan dalam debat capres saat ini. ketiga aspek ini dalam Training Public Speaking saya sebut dengan 3S yang paling penting dalam Public Speaking. S pertama adalah subject mastery atau penguasaan topik yang akan diperdebatkan. S kedua adalah Sequencing atau urutan yang mudah dimengerti dan S ketiga adalah Showmanship atau bahasa tubuh yang menarik.

S pertama, Calon no 2 memperkuat penjelasan dia dengan memberikan illustrasi yang mudah dimengerti. Kekurangannya calon ini adalah selalu membaca pertanyaan yang akan di tanyakan kepada calon no 1 dan kejelasan ucapan kurang. calon no 2 sering mengakhiri penyataan dengan ini atau itu.

contohnya :”… … … oleh sebab itu pentingnya kita memperkuat produktifitas dan daya saingi itu itu … … …” kata itu di sini tidak jelas apa yang beliau maksud.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Originally posted 2016-09-22 10:50:57. Republished by Blog Post Promoter

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x