Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Posted on Des 14, 2020 | 0 comments

Mejikuhibuniu dalam Public Speaking

Sebutkan warna pelangi !

Mayoritas akan menyebutkan mejikuhibiniu kemudian disebutkan merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Kata mejikuhibiniu adalah kunci ingatan yang mempermudah Anda untuk mengingat warna pelangi tersebut.

Kunci ingatan di kembangkan oleh Dr. Hermann Ebbinghaus (January 24, 1850 – February 26, 1909) seorang  peneliti tentang otak dan daya ingat dari Jerman.

Teori kunci ingatkan mengatakan bahwa semakin sedikit keunikan-keunikan sebuah informasi yang ada maka akan semakin sulit informasi itu diingat. Teori ini mengajarkan agar kita membuat asosiasi informasi yang baru dengan sesuatu yang unik.

Kunci ingatan ini dapat Anda gunakan untuk membantu audiens Anda mengingat materi yang akan Anda ajarkan. Mengingat materi yang Anda bahas adalah faktor penentu bagi audiens Anda untuk melakukan apa yang Anda ajarkan. Ibarat sebuah perjalanan menuju tujuan, maka orang harus terlebih dahulu tahu dan ingat rute yang akan dia lalui. Mustahil audiens bisa melakukan apa yang Anda ajarkan sementara dia tidak mengingat jelas apa yang Anda ajarkan.

Ada dua cara untuk membuat audiens Anda mengingat materi dalam Public Speaking :

  1. Buat singkatan

Contoh singkatan dan hal ini yang saya ajarkan pada peserta seminar Public Speaking Jakarta saya :  Cara mengatasi rasa takut Public Speaking : pernapasan perut, penyesuaian diri dan perubahan bahasa tubuh

Singkatan :

Ada 3P untuk mengatasi rasa takut dalam public speaking : 1. Pernapasan Perut, 2. Penyesuaian diri dan 3. Perubahan bahasa tubuh

  1. Membuat cerita lucu

Contoh : Ada Sembilan cara membuka sebuah presentasi : visual impact, powerful question, audiens participation, story, four statement, pujian, fakta yang mengejutkan, kutipan dan humor

Rangkaian cerita :

Vice President Audi, Sekolah S4, Memuji Fakta Ku sambil Tersenyum

Vice(VIsual impact) President (Powerful question ) Audi (Audiens participation), Sekolah (Story) S4 (Four Statement), Memuji (Pujian) Fakta (Fakta yang mengejutkan) Ku (Kutipan) sambil Tersenyum (Humor)

Setiap motivator pasti membuat seperti singkatan dan ringkasan cerita lucu seperti contoh karena audiens akan menyenangi materi dan akan mudah diingat.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x