Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Membuat Audiens Aktif Saat Presentasi

Motivator | Pembicara “You cannot buy engagement. You have to build engagement.” — Tara-Nicholle Nelson

Dalam sebuah presentasi, tujuan Anda bukan hanya membuat audiens berpartisipasi saja tapi juga membangun interaksi yang membuat mereka lebih dekat untuk menerima ide-ide Anda. Ada beberapa tips yang bisa membuat audiens anda aktif berinteraksi saat Anda presentasi. Selamat mencoba!

Ajukan Serangkaian Pertanyaan “Angkat Tangan Anda Jika…”

Hal sederhana pertama yang harus dicoba adalah mengajukan serangkaian pertanyaan kepada audiens. Setiap pertanyaan harus menuntut respons yang lebih sulit secara bertahap selama presentasi. Dalam 1 menit pertama presentasi adalah waktu yang tepat untuk menguji respon audiens. Kenapa harus di awal? Sebuah studi menunjukkan bahwa pendengar cenderung lebih fokus di menit-menit pertama pembicaraan. Jika mereka bersedia mengangkat tangan di awal pembicaraan, maka akan lebih mudah mengajak mereka berinteraksi sampai akhir presentasi Anda.

Ceritakan Lelucon

Lelucon sendiri adalah cara cerdas untuk berinteraksi dengan audiens karena menghasilkan respon yang alami. Sebuah studi tahun 2017 dalam Journal of Personality and Social Psychology membuktikan bahwa menggunakan humor meningkatkan persepsi orang tentang Anda dalam lingkungan profesional. Jadi cobalah membuat audiens Anda tertawa dan mereka akan lebih tertarik mengikuti Anda.

Baca juga : Bagaimana cara mempengaruhi audiens lewat cerita?

Gunakan Alat Polling

Polling atau jajak pendapat adalah salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens. Polling membuat audiens berpikir kritis tentang apa yang mereka dengar dan mendorong mereka untuk berbagi pendapat mereka sendiri.

Menggunakan Alat Peraga

Slide presentasi itu penting dalam mengomunikasikan ide-ide Anda. Tapi akan lebih baik jika Anda menggunakan alat peraga sebagai media untuk berinteraksi dengan penonton juga. Misalnya Anda sedang mempresentasikan vacuum cleaner, maka Anda perlu mempraktikannya juga di hadapan audiens, mengajak mereka untuk mencoba, sehingga mereka merasakan pengalamannya sendiri.

Menciptakan Permainan dari Ide-Ide Anda

Presentasi atau pidato tak seharusnya berjalan satu arah. Anda bisa membuat audiens berinteraksi dengan mencipatkan rangkaian aktivitas. Di sisi lain, ini bisa menjadi latihan yang membantu mereka mengingat, memahami dan mengembangkan ide-ide Anda. Misalnya dengan membuat permainan kecil dengan membagi audiens dalam kelompok, mendiskusikan tentang sebuah pertanyaan yang Anda berikan dan meminta mereka untuk mengutarakan pendapatnya.

Suasana presentasi yang menyenangkan akan membuat audiens lebih betah di dalam ruangan dan lebih mudah memahami ide-ide Anda jika dalam perasaan gembira.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.duarte.com/presentation-skills-resources/how-to-interact-with-audience-members-while-you-present/  

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x