Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Mengapa Kemampuan Komunikasi Sangat Penting Bagi Seorang Pemimpin?

Motivator | Pembicara “Your leadership will rise or fall based on your ability to communicate.” – Lolly Daskal

Keterampilan komunikasi bagi para pemimpin jauh lebih rumit, bukan hanya sekadar mengirim dan menerima pesan saja tapi lebih jauh lagi dari itu. Memanfaatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Komunikasi yang baik adalah fungsi inti kepemimpinan dan karakteristik utama seorang pemimpin yang baik. Komunikasi dan kepemimpinan yang efektif saling terkait erat. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menjadi komunikator yang terampil dalam membangun relasi yang tak terhitung jumlahnya, baik di tingkat organisasi, di komunitas maupun kelompok, dan bahkan dalam skala global untuk mencapai hasil yang lebih besar.

Seorang pemimpin harus tahu bagaimana dan kapan harus berkomunikasi, dan memilih gaya komunikasi yang sesuai untuk orang-orang yang dipimpinnya. Berikut beberapa hal penting tentang komunikasi yang harus dimiliki seorang pemimpin.

1. Jujur dan Tulus

Bersuaralah sebagai diri Anda sendiri. Jangan menggunakan bahasa korporat atau terdengar seperti seseorang yang bukan Anda. Biarkan orang lain tahu siapa Anda, dari mana Anda berasal, dan pemikiran Anda diungkapkan apa adanya. Orang mengharapkan, menghormati, dan akan mengikuti kepemimpinan yang otentik.

Baca juga : Jangan panik! Ini dia cara mengatasi kesalahan saat berpidato.

2. Visibilitas

Jika Anda ingin berkomunikasi dengan baik, jangan hanya terbatas pada chat atau email saja. Present, visible, dan available harus dilakukan secara konsisten sehingga orang lain tahu sosok seperti apa Anda sebagai pemimpin. Orang perlu melihat dan merasakan kehadiran Anda agar bisa terhubung dengan Anda dan akhirnya mau melakukan apa yang Anda minta.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Komunikator yang baik juga pendengar yang baik. Ketika Anda mendengarkan dengan baik, Anda mendapatkan pemahaman yang jelas tentang perspektif dan pengetahuan orang lain. Mendengarkan menumbuhkan kepercayaan, rasa hormat, keterbukaan, dan keselarasan. Mendengarkan secara aktif adalah bagian penting dalam melatih orang lain. Biarkan orang mengungkapkan kekhawatiran mereka. Ajukan pertanyaan yang kuat sehingga untuk melihat apa yang benar-benar dipikirkan dan dirasakan orang lain. Dan perhatikan baik-baik, tentang apa yang dikatakan dan yang tidak dikatakan.

4. Ikut Berkontribusi

Ketika Anda ikut terlibat dalam diskusi tim, Anda tidak hanya menerima laporan dari tim saja, tapi juga belajar lebih banyak agar bisa membantu tim lebih dekat dengan tujuan bersama. Seorang pemimpin yang terampil dan komunikator yang baik tidak hanya pandai mentransfer ide-ide sendiri, tetapi juga unggul dalam menyelaraskan harapan, tindakannya menginspirasi, dan menyebarkan visi.

Menjadi pemimpin memang tidak mudah namun jiwa kepemimpinan bisa dilatih sejak dini. Tidak ada kata terlambat untuk siapapun yang ingin mengembangkan keterampilan ini.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.ccl.org/articles/leading-effectively-articles/communication-1-idea-3-facts-5-tips/

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x