Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Teknik Bahasa Tubuh yang dapat Menarik Perhatian Audiens

Motivator | Pembicara “What you do speaks so loud that I cannot hear what you say.” – Ralph Waldo Emerson

Elemen terbesar dalam komunikasi bukanlah kata-kata Anda, tapi bahasa tubuh Anda. Apa yang Anda katakan dengan tubuh Anda lebih penting daripada apa yang Anda katakan dengan mulut Anda.

Mampu berkomunikasi dengan tubuh Anda memberikan dampak yang lebih besar kepada audiens. Kenapa? Karena tubuh Anda membawa emosi ke dalam cerita. Bahasa tubuh dapat membantu Anda melibatkan audiens, menjadi lebih percaya diri dan tenang selama presentasi.

Saat Anda melakukan kontak mata, pertahankan postur dan kontak mata yang percaya diri, presentasi Anda akan lebih dinamis dan Anda akan dapat terhubung dengan audiens. Juara Dunia Public Speaking 2015, Mohammed Qathani, menggunakan beberapa teknik yang membantunya menarik perhatian audiens.

Teknik Pertama

Menjadi pembicara tentunya Anda tidak bisa berdiam diri saja di atas panggung. Anda harus bergerak, tapi Anda harus memikirkan BAGAIMANA dan KEMANA Anda bergerak. Kenapa? Posisi Anda sangat menentukan audiens mana yang ingin Anda fokuskan. Ketika sudah menentukan kemana Anda akan mengambil posisi, mulailah bercerita disana. Jangan berbicara sambil berpindah-pindah karena audiens tidak akan fokus pada apa yang Anda katakana.

Baca juga : Memahami komunikasi Interpersonal

Teknik Kedua

Ketika berbicara, audiens akan memerhatikan wajah Anda. Dan faktanya memang di samping Bahasa tubuh, wajah adalah yang paling mereka lihat. Melalui wajah, audiens bisa melihat bagaimana perasaan Anda sebenarnya. Entah Anda sedang gugup, takut, marah, semua akan tercermin lewat wajah Anda. Untuk itu, gunakanlah ekspresi wajah yang tepat pada pesan-pesan yang menurut Anda penting dengan menunjukkan emosi yang kuat. Tersenyumlah ketika ingin mengekspresikan kebahagiaan Anda, agar audiens juga merasakan hal yang sama dan memberikan feedback yang positif juga untuk Anda.

Teknik Ketiga

Qathani juga fokus pada penggunaan tangannya ketika presentasi. Ia menggunakannya untuk membuat Gerakan yang membantunya memperkuat setiap pesan yang ada di pidatonya. Gerakan ini bisa memberi gambaran cerita lebih besar dan lebih mudah dipahami audiens. Bergeraknya tangan Anda juga menjadi bentuk keluwesan Anda saat presentasi, dimana Anda ingin menunjukkan bahwa Anda ingin merangkul semua audiens yang berada di ruangan.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.speakwithpersuasion.com/body-impact/

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x