Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Mempresentasikan Data yang Kompleks

Motivator | Pembicara “No great marketing decisions have ever been made on qualitative data.” – By John Sculley

Menyampaikan data yang kompleks kepada audiens tidak selalu mudah. Faktanya, bagi banyak orang, terutama tipe analitis, ini sangat sulit. Untuk bisa menjangkau audiens dengan data, Anda harus menjadi pembicara yang dinamis.

Apa rahasia presentasi yang dinamis? Intensionalitas. Anda harus berkomitmen untuk berlatih, karena tidak ada aturan baku tentang apa dan bagaimana harus melakukannya, karena semua bergantung pada diri Anda sendiri. Kenali kekuatan Anda dan kembangkan! Berikut langkah-langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjadi presenter yang dinamis saat mempresentasikan data yang kompleks.

1. Buatlah Gerakan Anda Bermakna

Saat Anda melangkah ke atas panggung, gerakan Anda bisa menjadi pengalih perhatian atau aset. Pembicara yang dinamis sadar bahwa gerakan juga mengomunikasikan sebuah ceritadan gerakan tersebut harus menambah, bukan mengurangi pesan utama.

Baca juga : Memahami Komunikasi Interpersonal

2. ‘Berbicara’ dengan Tangan Anda

Ketika otak melihat gerakan tangan bersamaan dengan mendengar suara, maka audiens akan mendapatkan dua penjelasan dalam satu waktu. Tangan Anda adalah bagian dari cerita dan semua yang dialami penonton. Selain menggunakannya untuk mengilustrasikan ide, Anda juga dapat menggerakkannya untuk menekankan poin-poin penting pada slide.

3. Kelola Suara Anda

Manfaatkan kekuatan suara Anda untuk menghibur audiens. Jika suara Anda sepanjang presentasi datar saja, audiens akan sulit mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak. Agar audiens tetap fokus, arahkan perhatian mereka ke poin-poin penting dengan memberi jeda, variasi nada, dan kecepatan bicara.

Sebelum Anda naik ke atas panggung, luangkan waktu untuk merencanakan gerakan apa saja yang akan dilakukan dan pikirkan dimana posisi Anda akan berbicara nanti. Ingat bahwa tangan Anda adalah bagian dari cerita. Ceritakan kisah Anda dengan tepat, dengan semua semangat yang Anda  miliki dan penonton akan merasakan hal yang sama.

Meskipun keterampilan public speaking bisa dipelajari sendiri, namun akan lebih maksimal hasilnya jika Anda langsung dipandu oleh pakarnya. Pelatihannya pun tak harus kaku, karena yang mudah dipahami adalah ketika proses belajar berjalan menyenangkan.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.duarte.com/presentation-skills-resources/how-to-communicate-data-with-better-speaking-skills/  

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x