Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Kenapa Seorang Pembicara Harus Pandai Bercerita?

Motivator | Pembicara “The best way to teach people is by telling a story.” – Kenneth H. Blanchard

Menjadi seorang pembicara harus mampu membawakan pesan dengan metode yang dapat diterima oleh audiensnya. Metode bercerita sudah sejak lama diterapkan oleh para speaker hebat di berbagai dunia, karena akan membantu pembicara memposisikan diri sebagai audiens dan akhirnya paham tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens kita sendiri.

Bercerita Melibatkan Audiens

Pernahkah Anda mendengarkan presentasi dan pembicara tiba-tiba berkata, “Bolehkah saya menceritakan sebuah kisah?” Bagi sebagian besar dari kita, ketika mendengar pertanyaan tersebut pasti akan tergerak untuk meperhatikan pembicara. Kenapa? Karena kita suka cerita.

Studi menunjukkan ketika kita mendengar sebuah cerita, otak melepaskan dopamin ke dalam aliran darah kita. Dengan kata lain, kita akan merasa bahagia. Itulah yang dirasakan audiens Anda saat Anda bercerita.

Cerita Membangun Koneksi

Bayangkan Anda sedang mendengarkan seorang atasan berkomunikasi dengan karyawannya tentang tantangan yang mereka hadapi. Si atasan akan menawarkan saran dan arahan tentang bagaimana karyawannya mengubah taktik dan mengatasi hambatan mereka. Intinya, si atasan akan memberikan banyak instruksi dan berujung pada mereka saling bertukar kisah satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama.

Baca juga : Kapan saja metode bercerita digunakan?

Dengan bercerita, maka audiens merasa lebih terhubung dengan pembicara tersebut dan memancing mereka untuk bereaksi dengan berdiskusi. Dan ketika itu terjadi, audiens akan lebih bisa menerima saran pembicara dan menerapkannya pada diri mereka sendiri.

Gunakan Cerita untuk Menggambarkan Masa Depan

Pernahkan Anda mendengarkan seorang pembicara yang mencoba membujuk Anda untuk membeli produk atau layanan tapi dengan menceritakan betapa bermanfaatnya produk atau layanan tersebut pada orang lain? Tujuan mereka adalah untuk menginspirasi Anda agar bertindak sesuai ajakan mereka.

Meskipun kisah yang diceritakan bukanlah tentang Anda, tapi dengan mendengarkan kisah keberhasilan orang lain, Anda akan mendapatkan gambaran masa depan yang lebih baik dan bisa terjadi juga pada diri Anda. Bantu audiens melihat masa depan yang lebih baik dan gunakan cerita untuk menginspirasi mereka dalam mengambil keputusan.

Intinya, sebagai pendengar, Anda suka mendengar cerita. Cerita melibatkan Anda, menghubungkan Anda dengan pembicara, dan memberi Anda gambaran sekilas tentang masa depan yang lebih baik dan cara mencapainya. Itulah mengapa seorang pembicara harus pandai bercerita karena gaya pidato seperti ini dinilai paling efektif.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.duarte.com/presentation-skills-resources/why-should-i-tell-a-story/  

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x