Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Motivasi Diri dan Keterampilan yang harus dimiliki untuk Sukses

Motivator | Pembicara “The secret of getting ahead is getting started.” – Mark Twain

Definisi yang paling sederhana dari motivasi diri adalah suatu kekuatan yang mendorong Anda untuk melakukan sesuatu. Seseorang dapat dimotivasi oleh banyak hal, baik internal maupun eksternal, seperti keinginan untuk melakukan sesuatu, cinta terhadap seseorang, atau kebutuhan akan uang. Biasanya, motivasi adalah hasil dari beberapa faktor.

Memahami dan mengembangkan motivasi diri dapat membantu Anda mengendalikan banyak aspek dalam hidup. Motivasi adalah salah satu bagian dari konsep kecerdasan emosional.

Berikut beberapa elemen internal pembentuk motivasi diri :

1. Dorongan pribadi untuk mencapai sesuatu

Ini bisa diartikan sebagai ambisi atau mungkin pemberdayaan diri. Namun ada baiknya melihat ini juga sebagai pola pikir. Ada dua jenis pola pikir: tetap dan berkembang. Mereka yang memiliki pola pikir tetap percaya bahwa bakat sudah mendarah daging dan bahwa mereka tidak dapat mengubah atau mengembangkannya.

Sementara mereka yang memiliki pola pikir berkembang percaya bahwa mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka melalui kerja keras dan usaha. Mereka yang pola pikir berkembang jauh lebih mungkin untuk sukses karena keinginan untuk terus meningkatkan kemampuan diri.

Baca juga : 7 Tips praktis untuk berpikir positif

2. Berkomitmen pada tujuan

Sangat penting untuk menetapkan tujuan dalam hidup. Kenapa? Karena akan mendorong Anda untuk merealisasikan tujuan tersebut, mungkin rasanya terlihat mustahil. Yang berbahaya bukanlah karena tujuan kita yang terlalu tinggi dan kita gagal meraihnya, tetapi karena terlalu rendah dan kita mencapainya sehingga merasa cukup dan tidak ingin berbuat lebih. Maka ada istilah bermimpilah setinggi langit karena itulah yang akan mendorong Anda untuk berusaha semaksimal mungkin.

3. Inisiatif

Inisiatif adalah kemampuan untuk memanfaatkan peluang ketika itu terjadi. Terlalu mudah untuk ragu, kesempatan bisa hilang. Namun, penting juga untuk memikirkan atau memastikan terlebih dulu sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat. Inisiatif dapat dianggap sebagai kombinasi dari keberanian dan manajemen risiko yang baik.

4. Optimisme

Optimisme adalah kemampuan untuk melihat sisi baik atau berpikir positif. Seseorang yang tangguh mampu mengelola respons emosional negatif terhadap sebuah peristiwa. Dengan kata lain, mereka menggunakan pemikiran positif atau rasional untuk memeriksa dan mengatasi reaksi yang mereka pahami mungkin tidak sepenuhnya logis. Mereka juga siap tidak ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan, serta menawarkan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.

Kemampuan untuk memotivasi diri sendiri adalah keterampilan yang penting. Motivasi diri mendorong seseorang untuk terus maju bahkan dalam kondisi terpuruk, mengambil peluang, dan menunjukkan komitmen terhadap apa yang ingin mereka capai.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 90

Sumber: https://www.skillsyouneed.com/ps/self-motivation.html

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x