Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Motivator | Pembicara “Your ability to communicate is an important tool in your pursuit of your goals, whether it is with your family, your co-workers or your clients and customers.” – Les Brown

Salah satu skill penting yang dibutuhkan karyawan untuk berhasil di tempat kerja adalah komunikasi. Keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk berhasil di tempat kerja dan jika Anda melihat pemimpin dunia yang hebat, salah satu ciri yang mereka miliki adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.

Ada beberapa cara yang dapat membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi Anda. Baca sampai selesai ya!

1. Dengarkan, dengarkan, dan dengarkan.

Orang ingin tahu bahwa mereka didengar. Dengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan orang lain, alih-alih membuat asumsi sendiri. Mintalah klarifikasi untuk menghindari kesalahpahaman. Anggap saja lawan bicara Anda saat itu adalah orang yang paling penting dalam hidup Anda.

Poin penting lainnya adalah fokuslah saat berbicara. Artinya jika Anda sedang berbicara dengan seseorang di telepon, jangan sambil membalas email, atau mengirim teks pada saat yang bersamaan. Mereka akan tahu bahwa Anda tidak memerhatikan mereka.

2. Mengenal lawan bicara itu penting.

Tidak masalah jika menggunakan singkatan atau bahasa informal saat berkomunikasi dengan teman.  Tapi jika Anda mengirim email atau SMS ke bos Anda, “Hi,” “FYI” atau bahasa informal lainnya, adalah tindakan yang tidak tepat.

Anda tidak boleh berasumsi bahwa orang lain tahu apa yang Anda maksud. Beberapa singkatan  memiliki arti yang berbeda untuk orang yang berbeda pula, dan ini berbahaya jika mereka salah paham. Komunikator yang efektif menargetkan pesan mereka berdasarkan pada siapa mereka berbicara, jadi cobalah untuk mengingat orang lain, ketika Anda mencoba untuk menyampaikan pesan Anda.

3. Bahasa tubuh penting.

Khususnya untuk pertemuan tatap muka dan video conference, gunakan bahasa tubuh yang mudah dipahami dan harus selektif ya. Anda tidak boleh menyilangkan tangan dan selalu pertahankan kontak mata agar orang lain tahu bahwa Anda memperhatikan.

Baca juga : Melihat kepribadian dari gaya komunikasi

4. Periksa kembali pesan Anda sebelum mengirimnya.

Memeriksa ejaan dan tata bahasa adalah poin penting, meskipun tidak mudah. Periksa kembali apa yang telah Anda tulis, untuk memastikan bahwa kata-kata Anda sesuai dengan pesan yang dimaksud.

5. Singkat, tapi spesifik.

Untuk komunikasi tertulis dan verbal, berlatihlah berkomunikasi yang singkat namun cukup spesifik. Artinya Anda harus memastikan informasi yang diberikan cukup sehingga orang lain dapat memahami apa yang Anda katakan. Dan jika Anda merespon email, pastikan Anda membaca seluruh email sebelum menyusun email balasan. Dengan cukup latihan, Anda akan belajar untuk tidak terlalu banyak mengumbar informasi atau mengoceh hal-hal di luar konteks.

6. Buat catatan.

Buat catatan saat Anda berbicara dengan orang lain atau saat Anda sedang rapat, dan jangan mengandalkan ingatan saja. Kirim email tindak lanjut untuk memastikan bahwa Anda memahami apa yang dikatakan selama percakapan.

7. Lebih baik berbicara langsung dibanding mengirim pesan.

Jika Anda merasa ada banyak hal yang harus dikatakan  atau ditanyakan, daripada mengirim email, lebih baik Anda menghubungi orangnya langsung. Email memang bagus, tetapi terkadang lebih mudah untuk mengomunikasikan apa yang Anda katakan secara verbal.

8. Berpikirlah sebelum berbicara.

Selalu berhenti sebelum Anda berbicara. Jangan mengatakan hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Luangkan waktu sejenak dan perhatikan baik-baik apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya. Kebiasaan yang satu ini akan membuat Anda terhindar dari rasa malu.

9. Perlakukan semua orang dengan sama.

Jangan merendahkan orang lain, apapun jabatan atau profesinya. Hormati mereka dan perlakukan semua orang dengan setara.

10. Pertahankan sikap positif dan tersenyumlah.

Meskipun hanya berbicara via telepon, tersenyumlah karena sikap positif Anda akan terpancar dan orang lain akan mengetahuinya. Ketika Anda sering tersenyum dan memancarkan sikap positif, orang akan merespon Anda secara positif juga.

Berkomunikasi secara efektif adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Dengan beberapa tips sederhana di atas, Anda bisa mengasah kemampuan berkomunikasi sendiri.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://manpowergroup.com/wcm/connect/right-it-it/legacy-home/thoughtwire/categories/career-work/10-Ways-to-Improve-Your-Communication-Skills

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x