Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Keuntungan Komunikasi Tatap Muka

Motivator | Pembicara “The difference between face-to-face conversation and any other medium of communication is simple: No distractions are permitted.” –  Alexandra Petri

Teknologi terus berkembang begitu pun cara berkomunikasi. Mulai dari telepon, email, ponsel, Skype, dan media sosial merupakan bagian dari cara berkomunikasi masa kini. Salah satu cara berkomunikasi yang sering digunakan, terutama saat mewawancarai adalah komunikasi secara langsung. Kenapa? Karena Anda dapat mempelajari lebih banyak tentang seseorang jika bertemu dengan mereka secara fisik daripada hanya melalui telepon atau email.

Apa kelebihan komunikasi tatap muka?

1. Bahasa Tubuh

Seorang ahli bahasa tubuh, James Borg mengatakan bahwa komunikasi manusia terdiri dari 93% bahasa tubuh dan isyarat paralinguistik, sementara hanya 7% terdiri dari kata-kata. Bahasa tubuh berbicara lebih jelas daripada kata-kata. Anda bisa mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang bagaimana perasaan kandidat atau klien daripada melalui bentuk komunikasi lain.

2. Nilai

Bertemu klien atau kandidat sepadan dengan waktu dan uang Anda, dan sebaliknya. Semakin banyak komunikasi tatap muka yang dapat Anda lakukan, semakin baik. Anda akan mendapatkan 100% perhatian mereka dan pesan Anda pasti akan didengar.

Baca juga : Memiliki Kemampuan Public Speaking Penting untuk karir Anda.

3. Membangun Hubungan

Dalam sebuah survei Forbes yang berbicara kepada 760 eksekutif bisnis, 84% lebih menyukai komunikasi tatap muka. 85% mengatakan alasan mereka untuk membangun hubungan bisnis yang lebih kuat dan bermakna. Responden juga mengatakan bahwa pertemuan tatap muka paling baik untuk persuasi (91%), leadership (87%), dan engagement (86%).

Dengan bertemu langsung akan memberi Anda kesempatan untuk membangun hubungan, yang tidak dapat dirasakan melalui email atau telepon, dan ini akan membantu membangun persahabatan, kredibilitas, dan kepercayaan dalam hubungan.

4. Menghindari Kesalahpahaman

Coba hitung berapa kali klien atau konsumen salah menangkap maksud email Anda? Pertemuan tatap muka meminimalkan risiko miskomunikasi dibandingkan dengan email atau telepon.

Tentu saja ada beberapa kelemahan dari komunikasi tatap muka yang sulit dilakukan oleh perusahaan, terutama perusahaan besar. Menyediakan waktu untuk bertemu langsung dan hal-hal teknis seperti sinyal internet yang terputus-putus dapat membuat komunikasi melalui layar komputer membuat frustasi.

Untuk memberi kesan yang bagus saat berkomunikasi langsung, Anda perlu melatih kemampuan komunikasi Anda.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.staroutico.com/latest-news/the-advantages-and-disadvantages-of-face-to-face-communication/

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x