Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Komponen Penting dalam Kesuksesan Teamwork dan Kolaborasi

Motivator | Pembicara “Alone we can do so little; together we can do so much.” – Helen Keller

Agar tercipta sebuah kerjasama dan kolaborasi yang sukses, tentu ada banyak faktor yang harus dicapai oleh seluruh anggota tim. Apa saja.

1. Kepercayaan

American Psychological Association mendefinisikan kepercayaan sebagai “sejauh mana masing-masing pihak merasa bahwa mereka dapat bergantung pada pihak lain untuk melakukan apa yang mereka katakan akan mereka lakukan.”

Mengapa kepercayaan itu penting?

Teamwork didasarkan pada hubungan dan dasar dari setiap hubungan adalah kepercayaan. Jika Anda kurang percaya atau tidak yakin pada rekan setim,  Anda akan terus-menerus memeriksa ulang pekerjaan mereka atau mencoba menyelesaikan semua tugas sendiri.

Bagaimana mengembangkan kepercayaan di tempat kerja?

  • Melakukan kegiatan bersama tim.

Tidak harus kegiatan berskala besar atau formal. Bisa mulai dari makan siang bersama, belanja bersama, biarkan semua berjalan secara alami dan akhirnya menjadi budaya perusahaan.

  • Saling bertanggung jawab.

Inti dari kepercayaan adalah keyakinan bahwa seseorang akan melakukan apa yang mereka katakan akan mereka lakukan. Untuk membangun kepercayaan dalam tim, mintalah tanggung jawab satu sama lain untuk tujuan yang sudah ditetapkan.

2. Toleransi

Toleransi bisa diartikan sebagai “tingkat penerimaan dan penghargaan untuk gaya, nilai, dan aturan unik setiap orang termasuk Anda sendiri.”

Baca juga : Cara mengembangkan kemampuan komunikasi

Mengapa toleransi itu penting?

Anda akan bekerja dengan orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang. Nilai, perspektif, dan cara berkomunikasi mereka mungkin berbeda dan Anda harus bisa menghargai perbedaannya. Tanpa toleransi, seorang karyawan akan mencoba memaksakan nilai dan ide mereka kepada orang lain, sehingga sulit untuk terikat dan berkolaborasi.

Bagaimana mengembangkan toleransi?

  • Membiasakan diri hidup atau beraktivitas dalam lingkungan dengan ide atau budaya yang berbeda.
  • Saling mengedukasi tentang cara bersikap toleran
  • Empati, selalu berusaha menempatkan diri Anda pada posisi orang lain, sehingga mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang mereka.

3. Kesadaran diri.

Mengapa kesadaran diri itu penting?

Langkah pertama untuk dapat berkomunikasi dengan baik adalah mengetahui apa yang ingin Anda katakan. Kesadaran diri memungkinkan Anda untuk mengenali perasaan dan kekhawatiran Anda sehingga Anda dapat mengekspresikannya dengan lebih baik.

Bagaimana mengembangkan kesadaran diri?

  • Minta feedback dari rekan setim. Tanyakan kepada mereka apa yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih baik.
  • Introspeksi diri. Tanyakan pada diri sendiri tentang segala kerisauan Anda. Apakah Anda kecewa karena gagal memberikan yang terbaik? Apakah Anda stres karena beban kerja yang terlalu berat? Mengabaikan perasaan tidak membuat Anda lebih baik. Dengan memahami emosi apa yang Anda hadapi, Anda dapat mengetahui cara mengelolanya.

Masih ada komponen lain yang bisa menyukseskan teamwork dan kolaborasi, namu ketiga komponen di atas adalah komponen utama yang harus Anda dan tim miliki.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.fingerprintforsuccess.com/blog/3-important-skills-for-teamwork-and-collaboration

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x