Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Memilih Kata Saat Presentasi

Motivator | Pembicara “Words have a magical power. They can either bring the greatest happiness or the deepest despair.” – Sigmund Freud

Kata-kata bagi seorang pembicara sangatlah penting. Satu kata dapat mengubah pikiran seseorang, bahkan tanpa mereka sadari. Kata-kata tertentu bahkan memiliki kekuatan yang lebih besar dan persuasif daripada yang lain. Dan seorang pembicara harus tahu bagaimana cara menggunakan kata-kata ini secara meyakinkan dan mengubahnya menjadi keuntungan.

Selama beberapa dekade, banyak produk yang diiklankan untuk meyakinkan orang-orang membeli produk tersebut. Marketing menggunakan bahasa persuasif untuk mempengaruhi perilaku calon konsumennya.

Bukan kebetulan bahwa kata-kata tertentu digunakan berulang kali karena dinilai sangat efektif untuk mempengaruhi pasar. Kata-kata yang menarik dapat memperkuat pesan Anda. Mereka dapat meyakinkan orang untuk membeli ide dan produk Anda.

Berikut adalah beberapa kata yang paling kuat dan persuasif yang dapat Anda gunakan dalam presentasi Anda :

1. Anda atau Kamu

Manusia pada umumnya fokus pada diri sendiri, termasuk audiens Anda. Agar pesan Anda ‘mengena’ di hati dan pikiran mereka, Anda harus mendapatkan perhatian penuh dari mereka. Cara terbaik adalah memberi tahu mereka sejak awal bahwa apa yang Anda katakan akan bermanfaat bagi mereka. Anda harus mampu menjawab pertanyaan yang ditanyakan semua orang, “Apa untungnya bagi saya?”

Baca juga : 10 Prinsip mendengarkan yang efektif

Kata “Anda” atau “Kamu” menjadi satu-satunya kata yang paling meyakinkan yang dapat digunakan saat berbicara. Kenapa? Karena menarik perhatian mereka dan menunjukkan empati terhadap audiens Anda, sehingga mereka jauh lebih mudah menerima pesan Anda.

Anda juga bisa menggunakan nama audiens Anda saat presentasi. Ada sebuah studi yang telah membuktikan bahwa mendengar nama sendiri membuat otak Anda menyala. Seketika Anda akan lebih fokus dan menjadi lebih ‘terikat’.

2. Karena

Menurut Cialdini, salah satu prinsip perilaku manusia yang terkenal adalah ketika kita meminta bantuan seseorang, akan berhasil jika kita memberikan alasan. Apa artinya ini bagi seorang pembicara?

Terlalu banyak presentasi yang terfokus pada “apa” dan “bagaimana”, namun melewatkan “mengapa” yang sangat penting. Padahal “mengapa” yang memberikan jawaban penting, yang mampu memperkuat hubungan dengan audiens, sesuaikah dengan tujuan, nilai, dan keyakinan mereka? “Mengapa” adalah alasan yang memotivasi dan meyakinkan. “Mengapa” Anda harus menjawab pertanyaan audiens “Apa untungnya bagi saya?” Jawaban dari pertanyaan inilah yang harusnya menjadi pesan inti dari presentasi Anda.

3. Kata-kata yang menimbulkan rasa penasaran

Jika Anda tidak dapat membangkitkan rasa ingin tahu audiens, pesan Anda tidak akan pernah sampai ke mereka. Kata-kata yang mengejutkan audiens Anda dan membantu mengembangkan keingintahuan mereka, seperti: temukan, membayangkan, mempelajari, mengejutkan, luar biasa, menakjubkan, mengherankan, akan memicu audiens untuk lebih penasaran tentang ide dan produk Anda.

4. Kata-kata yang menawarkan imbalan untuk sedikit usaha

Manusia cenderung suka dengan sesuatu yang menguntungkan mereka namun dengan sedikit usaha. Karena semua orang sibuk dan jika Anda dapat menyarankan ide-ide yang menghasilkan manfaat langsung tanpa menghabiskan waktu dan tenaga maka orang akan lebih tertarik.

Anda bisa menggunakan kata-kata persuasif yang mendukung pesan ini seperti: mudah, langsung, dengan cepat, segera. Tetapi hati-hati terhadap cara penyampaiannya ya, karena jika gagal maka sulit untuk membangun kembali minat audiens. Sebaliknya jika berhasil, ada banyak keuntungan menanti Anda.

Memilah kata adalah bagian dari keterampilan yang harus dimiliki seorang pembicara atau presenter. Pemilihan kata yang tepat akan memberikan sejuta manfaat.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://speakingedge.co.uk/the-most-persuasive-words-to-use-when-presenting/

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x