Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

JHT dalam Public Speaking

Pembicara | Motivator Indonesia | Orang bijak mengatakan “cerita akan membawa sejuta kesan dalam pikiran pendengar”

Polemik mengenai JHT berebak beberapa waktu belakang ini, dimana para tenaga kerja merasa di rugikan karena dana JHT mereka hanya bisa di cairkan saat berusia usia 56 tahun. Hal mendapat tanggapan dari  Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Chairul Fadhly Harahap menjelakan, meski Jaminan Hari Tua (JHT) bisa cair saat peserta berusia 56 tahun, namun dana pensiun tersebut masih bisa diambil dalam jangka waktu tertentu namun besarannya tidak penuh. Seperti yang sudah diatur dalam Pasal 22 ayat 4 hingga 7 Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua.

Setiap pekerja pasti membutuhkan jaminan akan hari tua mereka sehingga mereka mendapatkan kehidupan yang lebih nyaman pada akhirnya demikian pula dengan peserta seminar anda, mereka tentunya juga menginginkan mendapatkan jaminan kepuasan saat mereka mengikuti pelatihan.

Salah satu cara untuk memuaskan audiens Anda adalah dengan memberikan illustrasi dalam bentu cerita. Cerita yang anda buat dapat berasal dari pengalaman pribadi anda, pengalaman orang lain, ataupun menggunakan metafora atau Perumpamaan. Namun, penting diperhatikan bahwa cerita tersebut haruslah memiliki unsur JHT ( Jelas, Hidup dan Terstruktur ).

  1. Jelas

Cerita yang ada ceritakan haruslah memiliki kejelasan tokoh dalam cerita tersebut sehingga Audience bisa mendapatkan gambaran lebih detail mengenai cerita itu. Sebutkan nama tokoh yang ada ceritakan jika sekiranya hal ini menyangkut kode Ethic tertentu maka anda bisa menggunakan nama Samaran untuk kisah nyata dalam cerita tersebut.

  • Hidup

Pastikan Anda melibatkan unsur emosi apakah itu sedih, gembira, antusias, kecewa atau beberapa unsur emosi lain dalam kisah yang ada ceritakan sehingga menyentuh emosi Audiens. Emosi, akan membuat cerita Anda menjadi hidup di audience berdasarkan pengalaman saya sebagai pembicara

3.Terstruktur

Cerita ada ceritakan haruslah memiliki struktur yang jelas sehingga mudah dipahami oleh Audiens yang mendengarkan cerita itu.

Ayo lakukan tiga hal diatas sehingga Audience anda memperoleh jaminan kepuasan dari seminar yang mereka ikuti berikanlah mereka JHT.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x