Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

4 Cara Membuat Presentasi Anda Naik Level

Motivator | Pembicara “Make sure you have finished speaking before your audience has finished listening.” – Dorothy Sarnoff

Tidak semua orang menguasai semua bidang atau informasi. Takut salah bicara atau takut tidak paham dengan apa yang dibicarakan, sehingga takut terlihat ‘bodoh’ merupakan permasalahan yang umum dialami oleh setiap orang. Lalu apa yang bisa dilakukan sebagai pembicara agar presentasinya bisa diterima lebih banyak kalangan?

Berikut ini adalah 4 cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan level presentasi Anda :

1. Temukan audiens yang tepat

Penting untuk mengidentifikasi target audiens Anda. Tanyakan pada diri Anda sejak awal, siapa yang akan tertarik dengan keahlian Anda? Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki nilai yang sama, mereka sangat membutuhkan wawasan Anda, masuk akal secara budaya dan konten harus sesuai usia atau situasi.

2. Tingkatkan pendidikan dan keterampilan Anda

Penyelenggara acara mencari pembicara yang memiliki keterampilan dan berpengalaman. Cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman adalah dengan tampil sebanyak mungkin. Untuk meningkatkan keterampilan, Anda harus mendapatkan beberapa pelatihan profesional.

Baca juga : Peran komunikasi dalam pertumbuhan bisnis

3. Buat materi pemasaran yang tepat

Jika Anda sedang membangun karir sebagai pembicara, Anda harus memiliki alat dan materi pemasaran yang tepat. Setelah semua materi disiapkan dan siap digunakan, akan membantu Anda mengomunikasikan apa yang Anda tawarkan kepada calon penyelenggara acara. Saat ini, sangat penting untuk menggunakan teknologi untuk berkomunikasi. Pelajari cara memaksimalkan media sosial dan video.

4. Belajar dari pembicara lain

Pastikan Anda terus belajar dari pembicara lain. Bisa dari menonton video di Youtube, mendatangi seminar dan buat catatan, masuk ke dalam komunitas dan mintalah tips dari mereka. Jangkau pembicara yang Anda sukai dan hormati di media sosial. Membangun jaringan ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas dan mendorong Anda untuk meningkatkan presentasi Anda.

Catat presentasi pembicara lain dan mulailah meniru apa yang Anda sukai dan hindari hal-hal yang tampaknya membuat audiens tidak tertarik. Dengan menonton dan mencatat, Anda akan belajar banyak tentang apa yang diperlukan untuk menjadi pembicara yang hebat.

Ada hal yang paling penting tentang menyampaikan presentasi yang hebat adalah menikmatinya. Audiens mampu merasakan jika pembicara percaya diri atau gugup, dan itu akan mempengaruhi persepsi mereka tentang penampilan Anda secara keseluruhan. Itulah mengapa penting Anda harus menikmati penampilan Anda.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://speakerhub.com/skillcamp/4-simple-ways-improve-your-talks  

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x