Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Hal Yang Harus Di Persiapkan Dan Harus Di Hindari Saat Menjadi Host Webinar

Motivator | Pembicara “Never treat your audience as customers, always as partners.” — James Stewart

Webinar menjadi cara yang ampuh bagi individu dan organisasi untuk membangun basis audiens yang solid, memelihara hubungan, dan membangun personal branding. Lebih dari sekadar membuat presentasi PowerPoint dan ad-libbing selama 45 menit, host webinar yang sukses adalah yang mampu menyampaikan topik yang menarik dengan lancar, dan berinteraksi dengan audiens pada saat yang sama.

Menjadi host webinar juga tentang memancing keingintahuan audiens, menginspirasi mereka, dan mempertahankan minat mereka hingga detik-detik terakhir. Terdengar mudah, bukan?

Jadi apa yang sebenarnya perlu Anda siapkan? Kesalahan apa yang perlu Anda hindari? Dan apa saja yang harus dilakukan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan saat Anda menjadi seorang host webinar :

1. Pilih topik yang menarik

Salah satu alasan utama audiens bergabung dengan webinar Anda adalah karena mereka tertarik dengan topik yang Anda bahas. Jadi, memilih topik yang relevan dan beresonansi dengan audiens Anda secara konsisten sangat penting. Pilih topik yang lebih spesifik, karena tidak hanya akan memberikan nilai yang lebih kepada audiens, tetapi juga dapat membantu tetap fokus dan menjaga webinar Anda tetap pada jalurnya, terutama selama Q&A.

2. Pilih platform webinar yang ideal

Memilih platform webinar yang akan Anda gunakan mungkin terdengar sederhana, tetapi dengan begitu banyak opsi yang tersedia, mungkin sulit untuk memilih yang terbaik untuk Anda. Platform webinar yang ideal harus berfungsi di banyak perangkat, termasuk aplikasi desktop dan seluler. Harus user friendly, dan dilengkapi fitur-fitur yang dibutuhkan oleh Anda dan pembicara.

3. Periksa semua peralatan

Menggunakan peralatan berkualitas tinggi dan dipersiapkan dengan baik akan meningkatkan kualitas webinar Anda, menunjukkan kepada audiens bahwa Anda seorang profesional, dan memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman yang baik sebagai tamu Anda. Jangan lupa untuk melakukan trial sebelum webinar dimulai!

Baca juga : Tips memilih kata saat presentasi

4. Latihan Latihan Latihan!

“Practices make perfect” adalah pepatah yang sangat tepat. Melalui latihan, Anda akan memahami apa yang perlu ditingkatkan, bagian mana yang sulit Anda jelaskan, dapat menyesuaikan kecepatan penyampaian Anda, dan banyak lagi. Latihan memberi Anda waktu untuk menyempurnakan semua masalah sehingga semuanya berjalan tanpa hambatan pada hari H.

Selain hal yang harus dipersiapkan, ada juga beberapa hal yang harus Anda hindari saat menjadi host webinar, yaitu :

1. Kurangnya promosi

Jika semua persiapan sudah dilakukan, saying rasanya jika Anda tidak mempromosikannya dengan cara yang tepat. Bisa buat landing page situs web Anda untuk mempermudah pendaftaran atau mengirim newsletter ke pengikut Anda, atau bisa juga membuat pengumuman di media sosial.

2. Memilih waktu yang kurang optimal

Jika waktunya tidak tepat, maka banyak orang yang akan melewatkan webinar Anda. Anda juga bisa melakukan polling sederhana pada audiens tentang waktu yang paling ideal menurut mereka.

3. Membuat webinar sebagai ajang berjualan

Jangan pernah menyelenggarakan webinar hanya untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Tujuan utama webinar adalah untuk memberikan nilai kepada audiens dan jika Anda dapat membuat pesan Anda ditindaklanjuti oleh audiens maka lebih baik. Bukan berarti tidak boleh promosi, tapi Anda hanya perlu melakukannya dengan cara yang benar, halus, tanpa menjadikannya fokus.

4. Menggunakan slide presentasi yang membosankan

Slide presentasi Anda harus sederhana, tetapi bukan berarti membosankan. Slide yang membosankan menggunakan terlalu banyak teks, tidak variatif, dan dapat membuat audiens menguap hanya dengan melihatnya. Untuk membuatnya lebih menarik dan memanjakan mata, Anda perlu menambahkan visual. Anda dapat menggunakan gambar atau bagan untuk mengurangi teks dan membantu audiens menangkap poin Anda dengan mudah. Ingatlah bahwa audiens Anda tidak dapat membaca dan mendengarkan secara bersamaan, jadi jangan beri mereka terlalu banyak teks untuk dibaca jika Anda ingin mereka mendengarkan.

Kuncinya disini adalah memahami apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan dapat membantu Anda menyelenggarakan webinar yang sukses, meskipun Anda seorang pemula. Sisanya, Anda harus mengasah kemampuan komunikasi Anda sebagai host dengan mengikuti training atau workshop.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://speakerhub.com/skillcamp/dos-donts-being-webinar-host

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x