Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Bagaimana Kepercayaan Diri Mempengaruhi Komunikasi?

Motivator | Pembicara “Skill and confidence are an unconquered army.” – George Herbert

Komunikasi adalah solusi untuk banyak masalah. Jadi masuk akal untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan menyadari bagaimana kepercayaan diri mempengaruhi komunikasi.

Pernahkah Anda mengalami keraguan saat berkomunikasi? Memiliki kepercayaan diri untuk berbicara, memahami orang lain, dan memiliki keterampilan komunikasi yang efektif memungkinkan Anda untuk unggul dalam pekerjaan dan interaksi sosial. Belum lagi manfaat komunikasi yang baik dalam keluarga, menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

Ketika Anda percaya diri, Anda menjadi lebih santai, terkendali, fleksibel, lebih percaya diri sendiri dan lebih mudah berkomunikasi dengan objektif. Saat berkomunikasi dengan orang lain, rasa percaya diri saat berbicara sangatlah penting. Jika Anda berbicara dengan kurang yakin, pendengar akan menganggap Anda tidak percaya atau yakin pada apa yang Anda bicarakan.

Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri dalam Berkomunikasi

Ini semua tentang belajar untuk merasa lebih percaya diri pada diri kita sendiri, yang akan membantu komunikasi Anda dengan orang lain. Tetapi ada beberapa hal khusus yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan diri saat berkomunikasi.

Baca juga : 4 Cara sederhana membuat presentasi Anda naik level

1.Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan dengan seksama ketika seseorang berbicara kepada Anda, dapat membantu Anda menanggapi dan melakukan percakapan dengan jujur ​​dan tanpa pamrih. Tunjukkan minat yang tulus dan tindak lanjuti dengan pertanyaan tentang apa yang baru saja mereka katakan.

2. Santai dan jadilah diri sendiri

Cobalah untuk tidak berbicara atau menjadi seseorang yang bukan diri Anda. Jadilah diri sendiri merupakan cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri.

3. Menjaga kontak mata

Ingatlah untuk menjaga kontak mata saat berkomunikasi dengan orang lain. Anda dapat melirik sesekali tetapi tetap harus fokus memperhatikan apa yang dikatakan lawan bicara.

4. Hindari pertanyaan tertutup

Dalam percakapan cobalah untuk menghindari mengajukan pertanyaan tertutup, yang bisa dijawab dengan ‘ya’ atau ‘tidak’. Gunakan pertanyaan terbuka yang membutuhkan jawaban yang lebih panjang dan lengkap karena akan memberikan percakapan yang lebih menarik.

Kepercayaan diri dalam komunikasi akan muncul dari banyaknya pengalaman, jadi untuk menjadi lebih baik, harus lebih banyak berlatih. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik dan semakin percaya diri juga.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://excellencexl.com/how-confidence-affects-communication-how-to-improve/

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x