Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Efektif Berkomunikasi Di Tempat Kerja

Motivator | Pembicara “It’s important to make sure that we’re talking with each other in a way that heals, not in a way that wounds.” – Barack Obama

Jika Anda merupakan bagian dari  manajemen perusahaan, komunikasi yang efektif adalah suatu keharusan. Metode dan keterampilan komunikasi yang kuat adalah kunci untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat menyebabkan kekacauan dalam bisnis atau perusahaan mana pun.

Komunikasi yang efektif dapat membuat Anda dan karyawan Anda lebih produktif. Maka dari itu penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang efektif saat berada di tempat kerja.

Berikut ada beberapa metode komunikasi yang bisa Anda gunakan untuk kelancaran komunikasi internal, diantaranya:

1. Komunikasi Verbal

Ketika Anda berkomunikasi secara verbal, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan orang lain. Anda dapat menanyakan apakah karyawan memerlukan bantuan, memastikan mereka memahami instruksi, mendapatkan feedback yang berguna terkait cara Anda memimpin, dan masih banyak lagi. Berkomunikasi secara verbal bisa dilakukan dengan pertemuan satu lawan satu, diskusi grup, presentasi atau pidato.

Baca juga : Tips mengatasi rasa takut gagal

2. Komunikasi Nonverbal

Dengan komunikasi nonverbal, Anda dapat mengirim pesan tanpa kata lewat nada dan volume suara, gerak tubuh, ekspresi wajah, dan metode lainnya.

3. Komunikasi Tertulis

Komunikasi tertulis sangat penting untuk press release, brosur, memo, kontrak, handbook dan masih banyak lagi. Seorang pemimpin atau manajer perusahaan harus menulis dengan jelas dan tepat untuk menyampaikan pemikiran dan ide mereka kepada semua orang. Anda harus merencanakan, mengatur, menulis, mengedit, dan merevisi kata-kata Anda sesuai kebutuhan dan menyusun semuanya dengan mempertimbangkan pembaca yang dituju.

Pastikan semuanya mudah dipahami dan dukung pendapat Anda dengan fakta sebanyak mungkin. Selalu rangkum poin-poin utama tulisan Anda di bagian akhir dan beri tahu pembaca apa yang akan terjadi selanjutnya. Komunikasi tertulis bisa melalui email, surat, memo, newsletter atau media sosial.

4. Komunikasi Visual

Komunikasi visual dapat membuat komunikasi verbal lebih mudah dipahami. Informasi lebih baik jika ditampilkan secara visual atau verbal. Anda dapat membuat banyak jenis presentasi digital, sehingga semua karyawan dapat mengaksesnya ketika diperlukan. Misalnya, dengan menambahkan diagram atau video yang mempermudah dalam memberikan instruksi.

Semua alat komunikasi ini dapat membantu Anda membentuk tempat kerja yang kuat, stabil, dan produktif.

Semoga bermanfaat !

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/different-ways-to-communicate

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x