Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Motivator | Pembicara “I don’t want to be at the mercy of my emotions. I want to use them, to enjoy them, and to dominate them.” – Oscar Wilde

Menurut James J. Gross, seorang psikolog dan profesor di Stanford University yang terkenal karena penelitiannya dalam emosi dan regulasi emosi, ketidakmampuan untuk mengontrol, atau mengatur, emosi Anda adalah akar dari beberapa gangguan psikologis termasuk depresi, kecemasan sosial dan kepribadian ambang.

Salah satu kunci untuk mengendalikan atau mengatur emosi adalah bersiap-siap terlebih dahulu. Dengan persiapan, Anda dapat menghentikan emosi bermasalah sejak awal sebelum akhirnya mengganggu hidup Anda.

Ada lima cara mengelola emosi berdasarkan  4 tahap ‘Modal Model’ Gross :

1. Pemilihan Situasi

Melibatkan pengambilan tindakan untuk menempatkan diri Anda dalam situasi dimana Anda tahu emosi mana yang mungkin Anda alami atau tidak alami, tergantung pada apa yang Anda inginkan. Misalnya: Jika Anda tahu bahwa Anda selalu gelisah dan kewalahan saat berbelanja di mal yang ramai, maka berbelanjalah saat tidak terlalu ramai dan Anda dapat memiliki waktu untuk menentukan pembelian mana yang terbaik. Dengan memilih situasi dan mempersiapkan diri dengan tepat, Anda memiliki kendali atas respon emosional.

Baca juga : Hal yang harus disiapkan saat menjadi host webinar

2. Modifikasi Situasi

Terjadi selama situasi yang berpotensi menimbulkan stres dan Anda sendiri yang mengubah lingkungan fisik eksternal. Misalnya, Anda merasa gugup ketika bos datang untuk makan malam, daripada mencoba menyiapkan makanan sendiri dan berisiko ‘jatuh’ karena gugup, Anda sudah menyiapkannya sebelum datang. Ciptakan suasana santai dengan memutar musik, sehingga rasa gugup akan hilang. Dengan mengendalikan situasi, Anda mampu mengendalikan emosi juga.

3. Penyebaran Perhatian

Mengarahkan perhatian ke arah atau menjauh dari situasi emosional. Ini adalah versi internal dari pemilihan situasi dimana Anda mengubah fokus Anda atau memilih cara berpikir terbaik dalam melihat suatu kondisi. Dengan mengubah fokus dan perhatian Anda, Anda dapat mengendalikan respon emosional Anda.

4. Perubahan Kognitif

Perubahan cara Anda menilai situasi untuk mengubah makna emosionalnya. Anda harus membingkai ulang atau memikirkannya dari sudut pandang yang berbeda. Dengan mengubah cara pikir Anda, Anda mungkin tidak akan mengubah situasi, namun Anda akan mengubah cara situasi tersebut memengaruhi Anda.

5. Modulasi Respons

Upaya untuk memengaruhi respon fisiologis, pengalaman, atau perilaku secara langsung. Misalnya, olahraga, meditasi, atau menghitung sampai 10 saat Anda marah atau kesal dapat digunakan untuk mengurangi aspek fisiologis dan pengalaman dari emosi negatif.

Kemampuan Anda dalam mengelola emosi dapat sangat bermanfaat dalam banyak aspek kehidupan, pribadi hingga profesional. Untuk dapat mengasah kemampuan ini, Anda bisa mengikuti Workshop Public Mastery yang akan mengasah soft skill Anda dalam mencapai kesuksesan karir dan pribadi Anda yang lebih baik. Daftarkan segera di Anda DISINI atau bisa hubungi Ms. Isabelle () untuk info lebih lanjut.

Sumber: https://www.essentiallifeskills.net/5-effective-ways-to-control-your-emotions.html

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x