Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Bagaimana Cara Membangun Karir Sebagai Public Speaker?

Motivator | Pembicara “There are three things to aim at in public speaking: first, to get into your subject, then to get your subject into yourself, and lastly, to get your subject into the heart of your audience.” – Alexander Gregg

Berbicara secara profesional adalah kesempatan untuk membagikan pesan yang Anda sukai sambil menghasilkan uang. Industri public speaking telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan jumlah ini akan terus bertambah.

Seorang public speaker atau pembicara publik adalah individu yang menyajikan ceramah atau pidato kepada public dan umumnya public speaker akan dibayar untuk bakat dan waktu mereka. Apakah Anda ingin menjadikannya sebagai karir atau tidak, kemampuan berbicara di depan umum memiliki manfaat yang sangat besar.

Apa yang harus dibicarakan?

Jadi hal-hal seperti apa yang dibicarakan oleh public speaker? Nah, ada berbagai macam materi, mulai dari gaya hidup hingga penjualan produk. Dalam setiap topik yang ada, ada beberapa pembicara yang mengkhususkan diri dalam topik tertentu.

Apa yang membuat Anda menarik?

Dari mana Anda berasal dan apa yang Anda pilih untuk dibicarakan tidak sepenting apa yang membuat Anda menarik di tengah keramaian. Anda dapat mengangkat topik yang sedang ‘hangat’ dibicarakan pada saat itu dan mencari cara bagaimana membuat diri Anda berbeda dari pembicara lain dengan topik yang sama.

Baca juga : Bagaimana kepercayaan diri mempengaruhi komunikasi

Berapa banyak uang yang bisa dihasilkan?

Terlepas dari pesan yang akan Anda fokuskan, Anda juga perlu memikirkan berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan. Tarif sebagai pembicara akan bervariasi tergantung pada pengalaman, reputasi, tingkat keterampilan, dan pentingnya pesan Anda. Umumnya, Anda akan memulai dari yang kecil dan meningkatkan tarif Anda secara bertahap saat Anda membangun basis klien. Rata-rata public speaker di AS dibayar sekitar $1500 – $12500 atau lebih per penampilan.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk membangun karir public speaker?

Untuk menjadi public speaker yang sukses, jalur Anda akan bervariasi tergantung pada latar belakang, spesialisasi, dan koneksi Anda. Namun, ada sejumlah langkah penting untuk menjadi pembicara publik yang hebat, diantaranya Anda perlu:

1. Menentukan pesan Anda

Mulailah dengan menguraikan topik utama yang akan Anda bahas sebagai pembicara. Apakah akan fokus pada unsur bisnis tertentu seperti penjualan, pemasaran, atau operasi? Apakah Anda akan menawarkan layanan kepada individu atau perusahaan? Terlepas dari area apa yang akan Anda fokuskan, ada dua persyaratan yang harus Anda penuhi: pesan yang unik dan audiens harus merespon pesan Anda dalam tindakan.

2. Membuat promise statement

Anda perlu berpikir seperti klien jika ingin menjadi pembicara yang sukses. Pikirkan bagaimana klien Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mempekerjakan Anda. Salah satu cara terbaik untuk mengomunikasikan nilai adalah dengan membuat promise statement, yaitu penjelasan singkat tentang apa yang akan diperoleh klien, baik itu keuntungan pribadi atau bisnis, tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens Anda.

3. Bangun merek Anda

Anda harus mulai fokus pada sisi visual dan promosi, dan itulah merek pribadi Anda. Merek pribadi mencakup semuanya, mulai dari presentasi hingga gaya. Ada banyak faktor yang menentukan bagaimana audiens memandang Anda. Oleh karena itu, Anda harus memiliki semua basis branding Anda sebelum memulai profesi baru.

4. Memanfaatkan media sosial

Untuk menjadi pembicara publik yang sukses, Anda harus bersosialisasi. Di dunia modern seperti saat ini, media sosial adalah kuncinya. Membuat akun media sosial adalah salah satu cara paling terjangkau dan efektif untuk membangun kredibilitas Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan yang kuat dengan kompetitor lain di industri ini dan klien potensial.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://speakerhub.com/skillcamp/can-public-speaking-be-career

Share on linkedin
LinkedIn
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x