Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Peran Komunikasi Bisnis Dalam Pemasaran

Motivator | Pembicara “The ability to express an idea is well nigh as important as the idea itself.” – Bernard Baruch

Komunikasi adalah bagian penting dari setiap perusahaan atau bisnis yang sukses. Namun, penting untuk dicatat bahwa komunikasi memainkan peran khusus di setiap departemen dalam sebuah perusahaan, khususnya dalam departemen pemasaran atau marketing.

Untuk meningkatkan komunikasi bisnis dalam departemen pemasaran, Anda perlu mengidentifikasi semua hambatan yang bisa mengganggu jalannya komunikasi yang efektif, seperti saluran komunikasi yang tidak tepat, norma budaya yang bervariasi, dan perbedaan persepsi.

Setelah hambatan diatasi, Anda baru bisa menentukan infrastruktur dan sistem apa yang tepat untuk karyawan agar dapat berkomunikasi secara efektif satu sama lain dan dengan pelanggan mereka.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan komunikasi bisnis Anda :

1. Membuat Strategi Pemasaran

Komunikasi internal antar karyawan sangat penting untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Sangat penting bagi anggota tim untuk dapat mengekspresikan ide mereka satu sama lain sambil melakukan brainstorming strategi kampanye untuk mencapai target pasar. Jika seorang karyawan memiliki ide inovatif tetapi tidak dapat mengungkapkannya, lantas ide tersebut akan menguap sia-sia.

Perusahaan perlu memberikan pelatihan atau panduan komunikasi untuk membantu karyawan dalam mengekspresikan ide mereka dengan lebih baik sebagai bagian dari pengembangan strategi pemasaran.

2. Memahami Kebutuhan Audiens

Peran penting komunikasi dalam pemasaran layanan dan produk adalah mengidentifikasi audiens target. Karyawan harus memiliki keterampilan meneliti dan bertanya yang kuat, yang memungkinkan mereka menentukan siapa audiens target mereka untuk kampanye tertentu dan apa karakteristik mereka. Mengajukan pertanyaan yang tepat dan mengartikulasikan jawaban prospek ke dalam data yang layak adalah keterampilan komunikasi yang diperlukan bagi departemen pemasaran.

Baca juga : Bagaimana cara membangun karis sebagai public speaker?

3. Mengembangkan Pesan yang Menarik

Seorang marketing harus mampu mengembangkan pesan yang sesuai dengan audiens target mereka, ehingga memiliki keterampilan komunikasi tertulis yang kuat juga bagian penting dari peran tersebut. Komunikasi bisnis yang efektif memungkinkan marketing untuk menentukan manfaat produk, menanggapi keluhan pelanggan dan membujuk prospek untuk mengambil langkah selanjutnya, sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan untuk bisnis.

Departemen pemasaran harus memastikan bahwa audiens target menerima pesan yang mereka maksud. Selain itu, marketing harus mampu menyesuaikan pesan untuk media yang mereka gunakan, sehingga penting untuk memahami saluran komunikasi mana yang digunakan untuk setiap jenis pesan.

4. Menggunakan Brand’s Voice

Bagi banyak merek yang sukses, cara mereka berkomunikasi adalah yang paling penting. Struktur kalimat, nada, pilihan kata, dan emosi dalam konten semuanya berkontribusi pada brand’s voice. Untuk mempertahankannya, sangat penting jika semua komunikasi bisnis, internal dan eksternal, berada dalam brand’s voice yang sama.

5. Meningkatkan Proses Pemasaran

Peran komunikasi dalam bisnis adalah untuk berbagi ide dan meningkatkan efisiensi dalam bisnis. Demikian pula dalam pemasaran, komunikasi digunakan untuk meningkatkan proses internal perusahaan. Mendokumentasikan proses dan pedoman akan membantu setiap karyawan melakukan pekerjaan mereka dengan lebih efektif.

6. Mengurangi Konflik

Konflik internal pasti akan terjadi. Dengan kepribadian dan gaya komunikasi yang berbeda, ide-ide yang dikomunikasikan dengan cara salah dapat memicu konflik. Mampu menyelesaikan konflik tanpa campur tangan manajerial sangat penting untuk keberhasilan organisasi. Komunikasi bisnis memainkan peran besar dalam resolusi konflik, karenadapat membantu karyawan membagikan ide mereka dengan lebih jelas, berempati dengan rekan kerja dan mencapai kompromi atau kesepakatan.

7. Berbagi Ide Inovatif

Ide-ide kreatif dan menarik adalah dasar dari kampanye pemasaran yang sukses. Marketing harus mampu memikirkan cara-cara inovatif untuk menarik perhatian prospek untuk membujuk mereka melakukan pembelian. Mampu melakukan brainstorming berbagai ide, membaginya dengan rekan kerja, memberikan feedback, dan mengartikulasikan semuanya ke dalam sebuah kampanye membutuhkan keterampilan komunikasi bisnis yang kuat.

8. Mengembangkan Solusi

Komunikasi bisnis yang efektif dapat membantu karyawan mengembangkan solusi atas kendala yang mereka hadapi. Misalnya, jika anggaran kampanye terbatas, marketing perlu meminta lebih banyak dana dari manajemen. Sebelum mereka melakukan ini, mereka harus dapat membuktikan bahwa perusahaan akan melihat keuntungan atas investasi mereka. Oleh karena itu, marketing harus dapat menulis proposal kepada tim manajemen, meminta anggaran yang lebih besar, dan mempresentasikan proposal mereka.

9. Meningkatkan Partisipasi Tim

Komunikasi bisnis memainkan peran utama dalam cara karyawan bersosialisasi di tempat kerja. Meskipun sebagian besar interaksi di tempat kerja bersifat profesional, karyawan juga menjalin persahabatan dengan sesama rekan kerja. Ini membantu mereka untuk belajar tentang satu sama lain secara lebih komprehensif, yang dapat meningkatkan hubungan mereka di tempat kerja.

Penting bagi pimpinan perusahaan atau bisnis untuk menyediakan media bagi tim mereka untuk mengenal satu sama lain. Karyawan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dengan mengikuti pelatihan komunikasi dari pihak eksternal.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://smallbusiness.chron.com/role-business-communication-marketing-1013.html

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x