Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Manfaat Manajemen Value Chain Bagi Bisnis Anda

Motivator | Pembicara “Forget past mistakes. Forget failures. Forget everything except what you’re going to do now and do it.” — William Durant

Manajemen value chain atau rantai nilai adalah cara bagi perusahaan untuk mengoptimalkan semua aktivitas dalam proses manufakturnya. Manajemen value chain dapat memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan keuntungan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kontrol kualitas. Jika Anda bekerja di bidang manufaktur, maka pemahaman tentang manajemen rantai nilai dapat membantu Anda berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan.

Apa itu value chain?

Value chain adalah sekelompok aktivitas yang memungkinkan produsen membuat dan menjual produk. Ada lima elemen utama:

  1. Inbound Logistic
  2. Operation
  3. Outbound Logistic
  4. Marketing dan Sales
  5. Service

Ada juga empat aktivitas pendukung value chain, yang meningkatkan produktivitas elemen utama, yaitu:

  1. Infrastruktur perusahaan
  2. Manajemen sumber daya manusia
  3. Pengembangan teknologi
  4. Pengadaan

Apa saja manfaat manajemen value chain bagi bisnis Anda?

Meningkatkan keuntungan

Manajemen value chain berfokus pada mengidentifikasi area di mana perusahaan Anda dapat merampingkan proses atau meningkatkan produk, yang berarti Anda juga dapat mengurangi pengeluaran.

Baca juga : Manfaat strength based manajemen dalam menjalankan bisnis

Meningkatkan perencanaan

Manajemen value chain juga dapat mencakup pembuatan proses perencanaan yang lebih efisien yang mencakup berbagai departemen. Ini dapat membantu perusahaan menyelesaikan proyek lebih cepat dan dengan biaya lebih sedikit, membebaskan sumber daya moneter untuk area lain. Selain itu, sistem manajemen value chain yang baik dapat memudahkan departemen yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain, yang membuat perencanaan menjadi lebih mudah.

Mengurangi biaya

Dapat secara efektif mengurangi biaya melalui pengendalian inventaris dan mengurangi pemborosan. Pada akhirnya, sistem manajemen value chain perusahaan Anda dapat melihat peningkatan keuntungan dan produktivitas.

Menjaga konsistensi kualitas produk

Proses pengendalian mutu meliputi pengujian dan evaluasi. Manajemen rantai nilai dapat membantu perusahaan merampingkan proses pengendalian kualitasnya dengan membuat pedoman dan kriteria yang jelas bagi pemasok untuk memenuhi standar kualitas perusahaan.

Menetapkan standar

Membantu perusahaan menstandardisasi semua prosesnya yang terkait dengan manufaktur. Standardisasi penting karena membuat proses yang berulang dapat membantu membuat bisnis Anda lebih efisien dan mengurangi pemborosan. Ketika proses distandarisasi, karyawan dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu karena mereka memiliki serangkaian proses untuk diikuti. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja karyawan.

Meningkatkan aliran produk

Sistem manajemen value chain yang baik dapat membantu perusahaan mempersingkat waktu yang dibutuhkan suatu produk untuk sampai dari produsen ke konsumen dengan mengurangi penundaan dan mempermudah pelacakan produk selama proses manufaktur.

Membantu unggul di antara kompetitor

Mengoptimalkan elemen yang membuat konsumen ingin memilih perusahaan Anda daripada perusahaan lain, seperti mengoptimalkan pemasaran, logistik, dan operasi. Dengan cara ini, manajemen value chain dapat meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya.

Memperlancar arus informasi

Dapat meningkatkan proses komunikasi perusahaan Anda, yang dapat menjadi kunci untuk membuat keputusan bisnis yang baik. Manajemen value chain dapat mengotomatiskan cara transfer informasi antar orang dan departemen, yang memungkinkan perusahaan berbagi informasi dengan lancar dan mengakses data dengan lebih mudah.

Pengelolaan sumber daya

Membantu mengelola sumber daya dengan lebih efisien, seperti anggaran, teknologi informasi, dan sumber daya manusianya. Dengan manajemen yang efektif, Anda dapat memantau sumber daya yang Anda miliki dan mengurangi pemborosan.

Memperkuat aliran uang

Menyederhanakan banyak proses pembayaran yang terkait dengan manufaktur, sehingga dapat meningkatkan aliran uang dengan membantu perusahaan menemukan masalah yang mengganggu aliran uang yang ada.

Menyempurnakan layanan dan customer support

Dapat memungkinkan perusahaan melacak produksinya dengan lebih baik. Ketertelusuran manufaktur dapat memudahkan untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang status pesanan mereka, yang meningkatkan layanan pelanggan perusahaan.

Untuk mencapai kesuksesan berbisnis, diperlukan keterampilan manajemen yang mumpuni. Pasalnya, ada banyak sektor dalam bisnis yang harus dikelola dan masing-masing memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Manajemen yang baik dapat mengelolanya untuk mengoptimalkan keuntungan perusahaan.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/value-chain-management

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x