Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Client Communication : Apakah Itu? Dan Mengapa Penting?

Motivator | Pembicara “To earn the respect (and eventually love) of your customers, you first have to respect those customers. That is why Golden Rule behavior is embraced by most of the winning companies.” – Colleen Barrett

Komunikasi adalah dasar untuk membangun hubungan dalam bisnis. Komunikasi yang baik membantu mengembangkan kepercayaan dengan klien dan mengartikulasikan kebutuhan, harapan, dan tantangan dengan jelas. Berkomunikasi secara lebih efektif dapat meningkatkan hubungan klien dan berpotensi menambah lebih banyak prospek bisnis.

Apa itu Client Communication?

Client communication adalah semua bentuk komunikasi antara bisnis atau perusahaan dan kliennya. Dapat mencakup komunikasi tertulis, seperti email dan faktur; komunikasi verbal, seperti panggilan telepon; dan komunikasi fisik, seperti bahasa tubuh yang Anda gunakan saat bertatap muka dengan klien. Client communication yang baik sering kali melibatkan mendengarkan pelanggan Anda secara aktif untuk menafsirkan emosi mereka dan memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Mengapa Client Communication penting?

Karena membangun dan memelihara kepercayaan antara klien dengan bisnis penting. Ketika pelanggan mempercayai suatu merek, mereka akan setia. Komunikasi yang terbuka juga dapat membantu mengurangi kesalahpahaman, menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih besar, dan membuat klien lebih mungkin merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

5 Elemen Client Communication

Bisnis yang menunjukkan komunikasi yang baik dan terbuka dapat memiliki hubungan yang lebih baik dengan klien.

Berikut adalah lima elemen dasar dari client communication yang tepat:

1. Transparansi

Bersikap transparan dengan klien akan membantu menciptakan kepercayaan. Dengan memahami bagaimana bisnis Anda beroperasi, dapat membantu klien merasa lebih nyaman membayar produk atau layanan Anda. Transparansi juga berarti bersikap jujur ​​tentang bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan bersikap terbuka dengan setiap perubahan harga, perubahan kebijakan, atau perkembangan bisnis yang dapat memengaruhi pelanggan.

Baca juga : Peran komunkasi dalam bisnis pemasaran

2. Fleksibilitas

Memiliki solusi yang dapat beradaptasi untuk berkomunikasi dapat memperkuat hubungan antara klien dan bisnis. Ketika terjadi perubahan, fleksibilitas membantu kedua belah pihak untuk terus berkomunikasi. Misalnya, jika saluran telepon terputus, fleksibilitas memungkinkan mereka untuk tetap berhubungan dengan klien dengan menggunakan chat atau zoom.

Bisnis juga dapat menunjukkan fleksibilitas dengan menyediakan sarana komunikasi yang dapat diakses. Misalnya, jika sebagian besar basis klien berbicara bahasa inggris, Anda dapat menyewa penerjemah khusus untuk menunjukkan bahwa Anda menghormati klien dan peduli terhadap hubungan yang terjalin.

3. Empati dan Kasih Sayang

Memiliki karyawan dengan keterampilan interpersonal ini membantu klien dan bisnis memahami satu sama lain. Kasih saying adalah respon dari perasaan simpati untuk seseorang yang membutuhkan. Empati adalah tindakan memahami perspektif orang lain. Anda dapat belajar berempati dengan klien dengan membayangkan perasaan apa yang mungkin mereka alami dalam menghadapi perubahan atau kebutuhan yang mendadak. Menggunakan keterampilan ini memungkinkan bisnis terhubung dengan klien pada tingkat yang lebih personal.

4. Konteks

Komunikasi dapat berubah berdasarkan konteks percakapan. Misalnya, jika perusahaan Anda menerapkan kebijakan refund, pelanggan baru mungkin memerlukan lebih banyak komunikasi untuk memahaminya, sementara pelanggan yang lama mungkin memerlukan percakapan yang lebih mendalam untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Memahami konteks juga membantu bisnis mempertahankan fleksibilitas. Anda dapat menyesuaikan metode komunikasi perusahaan dengan situasi tertentu, yang dapat memastikan bahwa pelanggan merasa diperhatikan.

5. Kesadaran Diri

Bisnis dengan keterampilan komunikasi yang baik juga melatih kesadaran diri. Artinya melihat produk, layanan, dan citra mereknya sendiri dan mengidentifikasi kekurangan untuk perbaikan. Kesadaran diri juga membantu bisnis mengakui kesalahan dan mempelajari kekuatannya. Mengakui kesalahan dan menunjukkan kepada klien langkah-langkah yang Anda ambil untuk memperbaikinya dapat membantu Anda membangun kepercayaan pelanggan.

Peran komunikasi dalam bisnis atau perusahaan memang tidak bisa dianggap remeh. Komunikasi dapat menentukan maju atau mundurnya sebuah bisnis dan penting bagi seluruh tim di dalamnya meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi.

Semoga bermanfaat!

Translator : PL

Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/client-communication#:~:text=Client%20communication%20is%20important%20because,the%20client%20and%20the%20business.&text=Open%20client%20communication%20can%20also,recommend%20a%20business%20to%20others.

Share on linkedin
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x